Lampung Selatan Gelar Festival Rajabasa

Bandarlampung, Lampung - Kabupaten Lampung Selatan menggelar berbagai kegiatan budaya bernama Festival Rajabasa 2015 untuk mencari bakat sebagai duta pariwisata dan seni daerah itu.

"Berbagai lomba seperti tari kreasi dan lomba lagu pop Lampung digelar. Pada acara puncak, yakni pemilihan Muli-Mekhanai atau putra dan putri daerah itu dari perwakilan kecamatan," kata Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Kebudayaan Lampung Selatan Fauziah Arief, saat dihubungi dari Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan acara pemilihan Muli-Mekhanai itu juga diikuti dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) setempat.

Menurutnya, jajaran staf baik tenaga kerja honorer maupun PNS banyak yang memiliki potensi. Sehingga, perlu pula dikembangan.

Perwakilan kecamatan juga diminta untuk mengirimkan peserta yang berasal dari Lampung Selatan. Karena, banyak peserta yang diambil dari daerah lain.

"Buat apa menang tapi asal daerah lain. Kami ingingkan potensi dari daerah ini," katanya

Rangkaian gelaran Festival Rajabasa 2015, lanjutnya, telah digelar sejak April ini. Seluruh perwakilan kecamatan diminta untuk mempersiapkan hal tersebut dengan sebaik-baiknya.

"Bulan ini sudah mulai digelar rangkaiannya. Mulai dari lomba tari kreasi daerah, lagu pop daerah dan masih banyak lagi. Untuk pemilihan Muli-Mekhanai nya, akan dilakukan pada Kamis (9/10) malam puncak jelasnya.

Sebelumnya, sebanyak puluhan peserta ikut meramaikan kegiatan rangkaian Festival Rajabasa 2015, dalam ajang lomba lagu pop daerah Lampung yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Seni dan Kebudayaan Lampung Selatan, di Aula PKK setempat, Selasa (7/4).

Peserta lomba lagu pop daerah Lampung diikuti oleh para perwakilan dari 17 kecamatan se-Lampung Selatan dan dari kalangan pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

Selain sebagai rangkaian kegiatan Festival Rajabasa, lomba lagu pop daerah Lampung itu juga sebagai ajang pencarian bakat bagi generasi muda kabupaten ini.

Pesertanya terdiri atas 27 orang perempuan dan 23 orang laki-laki. Tujuannya dari lomba ini, untuk menggali potensi dan kreativitas generasi muda dibidang seni suara, setiap peserta wajib membawakan lagu wajib pilihan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh pihak panitia.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign