Taman Budaya Sumbar Gelar Minangkabau Open Festival

Padang, Sumbar - Komunitas tari galang Performing Arts dan Surya Galang Corporation bekerjasama dengan Taman Budaya Sumatera Barat (Sumbar) menggelar acara "Minangkabau Open Festival" (MOF) pada 2 sampai 5 April 2015.

Ketua Panitia MOF, Irsyal Jamal Tuanku Alam Batuah di Padang, Kamis mengatakan acara ini berisi rangkaian acara seni, seperti tari Minang kreasi dan lagu Minang.

"Festival ini berisi rangkaian acara lomba, seperti tari Minang kreasi dan lagu Minang, yang akan diikuti oleh peserta mulai tingkat siswa SD, SLTP, SLTA, perguruan tinggi dan umum," tambahnya.

Ia menjelaskan acara ini diadakan dalam rangka melestarikan budaya dan tradisi yang ada di Minangkabau, agar "anak nagari" atau generasi muda setempat tetap mengenal budaya asli daerahnya.

"Intinya mengajarkan kepada anak nagari untuk lebih mencintai budaya Minangkabau itu sendiri dibandingkan budaya yang lainnya," ujarnya.

Menurutnya, budaya Minangkabau itu mempunyai ciri khasnya sendiri, contohnya saja ada beberapa penghargaan dari tingkat internasional kepada budayawan dan seniman Minangkabau yang tampil di luar negeri.

Ia mengungkapkan saat ini sudah banyak generasi muda Minangkabau yang sudah menjurus untuk mencintai budaya lain dibandingkan dengan budaya sendiri.

"Yang kami takuti, akhir-akhir ini banyak anak nagari yang lebih menyanyikan lagu barat atau asing daripada menyanyikan lagu Minang," jelasnya.

Ia menambahkan acara ini juga terbuka untuk "anak nagari" yang berada di luar daerah. Ada yang datang dari luar provinsi, seperti Lampung dan Jambi yang ingin melampiaskan kerinduan dengan budaya Minangkabau.

"Sekali pulang ke kampung bisa melepaskan rindu, serta bakat senipun bisa pula kesampaian," katanya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign