7 Provinsi Turut Ramaikan Gebyar Budaya Garut

Garut, Jabar - Pada hari Rabu (13/5/2015) mulai pukul 7.30 hingga petang hari akan diselenggarakan helaran budaya dengan tema "Gebyar Budaya Garut 2015". Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut Mlenik Maumeriyadi mengatakan, acara tersebut diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Garut Ke-202, dan menurut rencana yang akan membuka acara yakni Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

Mlenik menuturkan, acara akan diawali dari berkumpulnya para pimpinan pemerintahan di ruang "Pamengkang" gedung Pendopo. Lalu rombongan yang terdiri dari Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, dan para pimpinan SKPD tersebut berjalan kaki menuju panggung kehormatan di jalan Jendral Ahmad Yani depan kantor KNPI.

"Rombongan nantinya akan disambut dengan upacara adat, dikalungi bunga. Lalu Pak Wakil Gubernur, Pak Bupati, Pak Sekda diusung pakai dodombaan diiringi kesenian surak ibra," kata Mlenik saat diwawancarai, Selasa (12/5/2015).

Setelah itu, kata dia, dilanjutkan acara seremonial berupa sambutan-sambutan dari ketua panitia, Wakil Gubernur, dan Bupati. Dan seterusnya dilanjutkan prosesi seni pembukaan dan kawin cai serta diakhiri dengan doa.

"Nah setelah itu acara dilanjutkan dengan kirab congcot atau tumpeng lengkap dengan Jampana, dan selanjutnya digelar helaran seni tradisional, dan helaran seni unggulan," ucapnya.

Menurut Mlenik, dalam helaran seni unggulan akan menampilkan lima seni unggulan persembahan dari Kabupaten dan Kota di Jawa Barat, dan persembahan seni unggulan dari tujuh provinsi.

"Ketujuh provinsi yang akan tampil dalam acara itu, yakni dari provinsi Aceh, Papua, Kalimantan Selatan, Toraja, Lampung, Nusa Tenggara Timur, dan Sumatra Barat. Lalu istirahat dan dilanjutkan lagi parade marching band, defile Batik Garutan. Dan terakhir Garut Intan Carnival hingga sore," kata Mlenik.

"Pokoknya acara akan meriah, ini pesta rakyat dari warga Garut untuk masyarakat Garut, dan akan dimeriahkan pula oleh partisipasi berbagai komponen seniman lainnya sehingga akan semakin meriah," tambah Mlenik.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign