Akhir Juli, Festival Budaya Dieng Keenam Digelar

Banjarnegara, Jateng - Kelompok Sadar Wisata Dieng Pandawa Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah kembali menggelar acara Festival Budaya Dieng ( Dieng Culture Festival) keenam yang akan diselenggarakan pada tanggal 31 Juli 2015-2 Agustus 2015 di dataran tinggi Dieng.

“Tahun ini selama tiga hari, di kawasan Candi Arjuna dataran tinggi Dieng akan digelar berbagai pertunjukan seni tradisi, napak tilas keliling dataran tinggi Dieng, minum purwaceng bersama sebagai minuman khas Dieng, penerbangan balon, pagelaran jazz atas awan, festival lampion, dan puncaknya adalah acara ritual pencukuran rambut anak gembel di kompleks candi Arjuna Dieng,” kata Ketua Pokdarwis Dieng Pandawa, Alif Fauzi, Sabtu, 25 April 2015.

Menurut Alif, kendati acara tersebut digagas dan dilaksanakan oleh pokdarwis desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, pihak penyelenggara juga melibatkan kelompok warga dari 10 desa di kawasan dataran tinggi Dieng.

Kawasan dataran tinggi Dieng ini, secara geografis terdapat di dua kabupaten, sebagian besar di wilayah Banjarnegara, dan sebagian lainnya di wilayah Kabupaten Wonosobo. Namun demikian, kita semua harus menjaga dan mengelola kawasan wisata dataran tinggi Dieng ini secara bersama-sama. "Batasan geografis hanyalah soal administratif, Dieng milik semua orang yang harus dijaga dan dilestarikan secara bersama. Baik peninggalan sejarah, maupun kebudayaannya,” kata Alif.

Wakil Bupati Banjarnegara, Hadi Supeno mengatakan pengembangan pariwisata di kawasan dataran tinggi Dieng ini dilakukan secara bersinergi dengan pemerintah kabupaten lain, tidak hanya Wonosobo, tetapi juga Kabupaten Batang dan Kabupaten Pekalongan yang berbatasan dengan Banjarnegara.

“Pemerintah daerah Banjarnegara, berencana mengundang pemda kabupaten lain seperti Wonosobo, Batang, dan Pekalongan untuk ikut menyemarakan Festival Budaya Dieng pada Juli-Agustus mendatang. Kami juga berencana mengundang Gubernur Jawa Tengah untuk ikut mencukur rambut anak gembel pada ritual ruwatan anak gembel nanti,” katanya.

Saat ini panitia penyelenggara di desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara tengah bergiat untuk mempersiapkan event kebudayaan yang diperkirakan akan dikunjungi lebih dari 50 ribu orang. Penginapan atau homestay di desa Dieng Kulon maupun Dieng Wetan bahkan telah mulai dipesan oleh sejumlah biro wisata dan pengunjung.

Tahun ini panitia penyelenggara kembali menyediakan penginapan alternatif berupa camping ground untuk tempat berkemah wisatawan yang hendak mengikuti acara Dieng Culture Festival 2015. Panitia juga telah menyediakan sumber informasi melalui twitter @FestivalDieng dan website www.dieng.co untuk membantu informasi bagi para pengunjung yang berminat hadir di negeri atas awan.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign