Festival Bergodo Keprajuritan Rakyat Semarak

Sleman, DIY - Lebih dari 30 group bergodo se DIY mengikut Festival Bergodo Keprajuritan Rakyat yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan (Disbud) DIY, Minggu (24/5). Mengambil start dari Lapangan Pemda, mereka lalu jalan kaki menuju Lapangan Denggung Sleman.

Iringan musik khas terdengar terus mengalun pelan. Musik ini mengiringi jalannya tim yang tampak kompak. Mulai dari pakaian hingga cara berjalan. Tombak dan panah juga tidak luput mereka bawa, sebagai ciri bergodo. Tidak hanya berjalan, mereka juga menampilkam sejumlah atraksi dalam bentuk langkah macak

.

Widihasto selaku sekretaris panitia mengatakan, ada 31 tim bergodo dari seluruh Yogyakarta yang ikut ambil bagian pada event yang baru dua kali dilangsungkan ini. Tahun lalu, Kota Yogyalarta bertindak sebagai tuan rumah. Tahun ini giliran Kabupaten Sleman dan tahun depan kegiatan serupa direncanakan akan berlangsung di Kabupaten Bantul.

"Bergodo keprajuritan rakyat ini merupakan imitasi dari bergodo keraton. Sebab mereka murni dari masyarakat dari tingkat desa hingga kecamatan. Dibutuhkan kerjasama antar tim agar selama berjalan, mereka tetap bisa kompak. Sebab mereka diharuskan untuk berjalan," ujarnya.

Dalam setiap tim bergodo, terdiri antara 40-60 orang. Tujuan diselenggarakan kegiatan ini selain untuk melestariman kebudayaan juga untuk memperkenalkan bergodo kepada generasi muda. Sebab, tidak dapat dipungkiri selama ini yang sering terlibat aktif dalam bergodo sudah berusia lanjut. "Padahal bergodo di Yogyakarta ini sangat beda dengan daerah lain," jelasnya.

Salah satu bergodo yang ambil bagian dalam festival ini, yakni Kyai Selarong dari Pajangan Bantul. Berbeda dengan tim lainnya, mereka menampilkan replika Pangeran Diponegoro yang naik kuda sambil membawa keris. Ini sebagai simbol perjuangan Pangeran Diponegoro pada zaman penjajahan dulu.

"Kita bikinnya sekitar dua pekan. Kita sengaja menampilkan sosok Pangeran Diponegoro, agar generasi muda dapat ikut merasakan perjuangannya dulu," jelas Jumari.


Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign