Festival Budaya Dayak Borneo Undang Negara Serumpun

Palangka Raya, Kalteng - Festival budaya Dayak Indonesia rencananya digelar pada 1-6 Juni mendatang. Gelaran di kompleks pameran Temanggung Tilung Kota Palangka Raya, menjadi suatu event menjalin dan mempererat rasa persatuan dan kesatuan. Masyarakat Dayak dari berbagai Daerah Aliran Sungai (DAS), pulau, dan negara berkumpul.

Ketua panitia pelaksana Thoeseng TT Asang mengatakan, dalam acara seremoni pembukaan kegiatan tersebut direncanakan dihadiri dan dibuka Presiden Republik Indonesia.

“Kegiatan ini mencakup se-Kalimantan dan juga mengundang negara-negara tetangga dan serumpun di antaranya, Serawak, Sabah, Kucing, Brunei, dan Malaysia,” katanya, kemarin.

Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam kegiaan ini di antaranya perlombaan, sajian kuliner dayak daerah masing-masing, pameran budaya dan produk unggulan, hingga konvensi dan seminar.

“Dalam kegiatan tersebut nantinya akan dimeriahkan dengan berbagai macam perlombaan seperti tari garapan etnik dayak, lagu bahasa dayak masing-masing daerah dan karnaval budaya Borneo,” ucapnya.

Kegiatan konvensi dan seminar itu nantinya akan membahas tentang budaya. Narasumber dari kementerian kebudayaan, agraria dan tata ruang, tokoh dayak, hingga pengusaha.

Event selama 6 hari, rencananya bakal dibuka dengan menampilkan tarian kolosal dengan jumlah 500 penari.

“Melibatkan sanggar-sanggar seni di Kota Palangka Raya dan juga pelajar dan mahasiswa. Selain itu kami sangat mengharapkan setiap kabupaten se-Kalimantan ikut serta dalam kegiatan ini,” tambah Asang.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign