Festival Gasing Bisa Jadi Ikon Daerah

Tebingtinggi Barat, Riau - Permainan gasing sudah sejak lama diminati oleh masyarakat di Kepulauan Meranti. Bahkan permainan tersebut diminati sampai ke ceruk-ceruk kampung di kabupaten termuda di Riau itu.

Maka dari itu di Kepulauan Meranti digelar festival gasing perdana untuk tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti, Senin petang (18/5). Pelaksanaan perdana tersebut digelar di Desa Mekong Kecamatan Tebingtinggi Barat.

Festival gasing tersebut dilaksanakan selama tiga hari yakni sampai dengan Selasa (20/5). Saat pembukaan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Kadisparpora) Drs H Ishak Isra’i mengaku bangga dengan banyaknya peserta yang datang dan hadir untuk mengikuti kegiatan tersebut. Dia menuturkan bahwa festival gasing tersebut sangat baik dilaksanakan dalam rangka menjaga budaya warisan leluhur di negeri Melayu.

“Festival ini harus terus dilaksanakan setiap tahunnya. Dengan begitu warisan budaya bisa terus dipertahankan,” katanya.

Festival gasing tersebut dilaksanakan berkat dorongan Bupati Kepulauan Meranti. Karena kegiatan tersebut menjadi permainan masyarakat tradisional yang sangat berpotensi untuk terus dikembangkan.

Ketua Panitia Rudi kepada Riau Pos mengaku kegiatan tersebut sebagai langkah nyata untuk pelestarian permainan tradisional masyarakat Melayu di Kepulauan Meranti. Kegiatan tersebut juga akan menjadi momentum untuk mengembangkan permainan gasing.

“Bupati men-suport festival ini sebagai langkah nyata untuk menjaga budaya warisan leluhur. Sehingga tetap lestari sepanjang masa,” sebut Rudi.

Selain itu juga, melalui festival diharapkan mampu mengembangkan kreativitas dan ekspresi untuk generasi muda.

“Kita berharap melalui festival ini bisa semakin memperkenalkan Kepulauan Meranti sebagai daerah yang serius memperkenalkan gasing sebagai permainan rakyat,” katanya.

Hadir juga dalam festival sagu ini, Kapolres Meranti AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi, Danramil 04 Tebingtinggi Mayor Bismi Tambunan, Camat Tebingtinggi Barat, Rizky Hidayat SSTP MSI dan lainnya. Hadir juga Ketua 2 KONI, H Jaafar SP dan lainnya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign