Kemah Budaya Nasional Siap Digelar

Siak, Riau - Helat Kemah Budaya Nasional (KBN) 2015 yang dipusatkan di Bumi Perkemahan (Buper) Tengku Buang Asmara, 3-8 Juni mendatang telah dipersiapkan oleh tuan rumah dengan mantap. Kesiapan ini, tak hanya pada sesi pelaksanaan acara, namun persiapan yang menyangkut teknis pelaksanaan secara keseluruhan.

“Sejak pelaksanaan KBN tahun 1999, sampai sekarang, baru kali ini saya lihat tuan rumah yang lakukan persiapan dengan baik, tak ada campur tangan Kwarnas,’’ ujar Ketua Bina Masa Kwarnas Pramuka Yusa, di sela-sela rapat finalisasi persiapan KBN di Raja Indra Pahlawan Room (RIPR) Kantor Bupati Siak, Kamis (21/5).

Hadir dalam kesempatan itu, Kementerian Pendidikan Dasar dan Kebudayaan, Ketua Kwarda Pramuka Riau Azaly Djohan SH, Ketua Kwarcab Pramuka Siak Drs H Alfedri MSi, Ketua Harian Drs H Jamaluddin MSi, dan panitia pelaksana.

Dari ekpose yang disampaikan Ketua Kwarcab Pramuka Siak yang juga Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi telah terkover dengan jelas, kesiapan tuan rumah. Koordinasi dan juga progres yang dipersiapkan bersama Kwarnas berjalan baik. ‘’Saya tak perlu khawatir lagi,’’ ujar dia.

Disampaikan Yusa, sejak 1999 KBN digelar, sampai tahun kemarin diselenggarakan di Solo, Kwarnas ikut andil dalam persiapannya. Beda dengan di Siak, semuanya berjalan baik tanpa perlu Kwarnas turun tangan. ‘’Saya cukup ongkang-ongkang kaki saja,’’ kata dia sambil tertawa.

Konsep acara yang mengedepankan unsur kebudayaan lokal Melayu, sangat relevan. Apalagi Siak dari sejarah merupakan pusat tumbuh berkembangnya kebudayaan Melayu.

Selain itu sebutnya, keunikan acara yang disiapkan panitia dinilai menarik, berupa atraksi gajah yang ikut berperan saat acara berlangsung. Keikutsertaan peserta KBN di Siak, sangat variatif. Baru kali ini, melibatkan tiga negara tetangga, Malaysia, Brunai dan Thailand. ‘’Ini sangat menarik,’’ puji dia.

Jelang helat yang dalam hitungan hari ini, tentu semuanya harus dipersipkan. ‘’Saya pesankan dan ingatkan kembali, jangan sampai ada yang lupa,’’ kata dia.

Ketua Kwarcab Pramuka Siak Drs H Alfedri MSi mengatakan, pelaksanaan KBN sudah siap digelar. Dari progres laporan panitia di masing-masing bidang semuanya sudah dilakukan persiapan.

Walau sudah dipersiapkan, namun perlu dilakukan evaluasi kembali, agar jangan sampai nantinya ada yang terabaikan dan juga tak dipersiapkan.

“Ini adalah iven nasional,’’ pesan dia.

Sebab itu, selaku tuan rumah yang dipercayakan harus dapat menyiapkan persiapan secara utuh, dan baik. Apalagi nantinya, seluruh provinsi di tanah air berdatangan ke Siak.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign