Mei Ini ke Festival Teluk Jailolo Digelar

Jakarta - Festival Teluk Jailolo kembali digelar tahun ini, yaitu di tanggal 14-16 Mei 2015 mendatang. Festival tahunan ini digelar oleh Pemerintah Daerah Halmahera Barat dalam rangka mempromosikan Halmahera Barat sebagai salah satu destinasi unggulan di Indonesia Timur.

Tahun ini tema yang diangkat adalah "Saloi Sirimoi" atau "Saloi Menyatukan". Seperti termuat dalam siaran pers yang diterima KompasTravel, beragam rangkaian acara akan memeriahkan festival. Pengunjung akan diajak menjelajahi Jailolo dari sisi darat maupun laut, serta menikmati aneka kuliner khas Halmahera Barat.

Rangkaian acara antara lain seperti Sigofi Ngolo atau tradisi bersih laut yang sakral dan unik. Dalam upacara adat ini, iring-iringan kapal hias mengitari Pulau Babua dengan tabuhan musik tradisional dan doa yang dipimpin Sultan Jailolo.

Lalu Orom Sasadu atau makan adat sebagai ucapan syukur atas panen berlimpah. Keunnikan acara ini adalah selama berpesta, masyakarat adat tidak pernah mengantuk walaupun tidak tertidur, tidak kenyang walau sudah makan terus, dan tidak pernah mabuk.

Puncak acara adalah Sasadu on The Sea yaitu sebuah pertunjukan seni dengan lagu dan tarian khas Halmahera Barat. Dalam festival, pengunjung bisa mengikuti scuba diving dan mencicipi aneka makanan di gelar kuliner makanan khas Halmahera Barat.

Pengunjung juga bisa mengeksplorasi Burung Bidadari yang merupakan habitat langka. Nah, salah satu agenda menarik addalah Pameran Batu Akik yang akan memamerkan batu akik lokal dan cocok dijadikan suvenir.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign