Parade Budaya dan Pawai Bunga Hebohkan HUT Surabaya

Surabaya, Jatim - Agenda parade budaya dan pawai bunga yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya pada Ahad (3/5) pagi, dipastikan akan lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Indikatornya, jumlah peserta yang berpartisipasi di acara bertema “Semarak Surabaya Dalam Keberagaman Budaya” ini, lebih banyak dibanding tahun kemarin.

Asisten I Sekkota Surabaya Yayuk Eko Agustin menegaskan, hingga H-3, sudah ada 85 peserta yang memastikan ambil bagian di acara yang menjadi rangkaian untuk menyambut Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) Surabaya ke-722 pada 31 Mei mendatang. Selain mobil berhias bunga, juga akan ditampilkan budaya lokal khas Surabaya seperti Manten Pegon.

“Hingga hari ini pesertanya sudah ada 85 peserta. Ada kenaikan cukup banyak dibanding tahun lalu. Tidak hanya dari dalam kota, juga banyak peserta dari luar kota. Termasuk juga komunitas,” tegas Yayuk Eko Agustin di acara jumpa pers di kantor Bagian Humas Pemkot Surabaya, Kamis (30/4).

Yayuk Eko mengatakan, parade budaya dan pawai bunga tahun ini akan dikemas sedikit berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Yang paling mencolok adalah waktu pelaksanaanya. Bila sebelumnya digelar siang, untuk tahun ini, pawai dekorasi bunga dalam ukuran besar yang membentuk berbagai karakter dan diarak di jalanan itu akan digelar pagi hari.

“Start nya nanti mulai pukul 08.30. Kita sudah koordinasi dengan Polrestabes untuk menutup rute yang dilalui seperti perempatan Siola. Kita juga siapkan pagar betis agar pelaksanaan pawai bisa lebih tertib,” jelas Yayuk Eko.

Mantan Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Surabaya ini menjelaskan, seperti tahun sebelumnya, parade budaya dan pawai bunga akan diawali dari kawasan Tugu Pahlawan. Parade, menurut Yayuk, akan berakhir di Taman Surya.

Parade budaya dan pawai bunga menjadi satu dari sekian banyak acara yang diselenggarakan Pemkot Surabaya menyambut hari jadi ke-722. Pada awal Mei akana da Surabaya Shopping Festival. Lalu tanggal 10 Mei nanti digelar Festival Rujak Uleg. Ada juga Festival Kalimas yang digelar pada 16-17 Mei. Acara yang digelar malam hari ini merupakan yang pertama digelar tahun ini.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign