Pemkab Basel Hendak Patenkan Budaya Telur Serujo

Bangka, Babel - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) tengah melakukan proses pengajuan untuk mematenkan secara sah mengenai kebudayaan Telur Serujo khas dari Kabupaten Basel.

"Saat ini kita sedang memperjuangkan warisan budaya nasional khas kabupaten kita yaitu Telur Serujo ke kementerian pendidikan dan kebudayaan untuk di daftarkan registrasi paten nasionalnya. Nantinya akan menjadi aset sejarah dan budaya kabupaten Basel," ungkap Kepala Disparbudpora Basel, Husni kepada Bangkapos.com, Rabu (27/5/2015).

Selain kebudayaan tersebut, Husni mengaku, pada triwulan ketiga di tahun 2015, pihak Pemkab Basel juga berencana akan melakukan inventarisir seni dan cagar budaya lainnya yang ada di kabupaten Basel.

"Jangan sampai nanti dipatenkan dan dijadikan aset oleh wilayah lain, untuk saat ini memang belum ada yang di klaim oleh daerah lain. Sekarang ini dalam tahap penelitian balai pelestarian seni budaya Provinsi Riau untuk mematenkan budaya Telur Serujo," jelasnya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign