Pemkab Kukar Tetapkan 12 April sebagai Hari Budaya

Tenggarong, Kaltim - Pemkab Kutai Kartanegara resmi menetapkan tanggal 12 april sebagai hari budaya. Penetapan tersebut dibarengi dengan hari ulang tahun ke 12 Planetarium Jagad raya, sekaligus peresmian Taman Tata Surya Rumah Alam Semesta di halaman parkir rumah adat kutai Timbau Tenggarong, Kamis (16/4) siang.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kukar, Sri Wahyuni, dipilihnya tanggal 12 April karena di tanggal tersebut merupakan peristiwa tembak moris, sebuah momentum dimana tanah Kutai di bawah Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura sebagai benteng budaya bangsa menahan serangan tentara asing.

“Pada bulan April pula karakteristik kehidupan budaya Kutai tergambar melalui aktifitas pesta panen padi di Desa Kedang Ipil”, ungkapnya. Penetapan ini, lanjut Sri, juga dari hasil kajian tahun 2014 bersama Kementrian Pariwisata bekerjasama dengan Unikarta.

Sementara itu, Bupati Rita merasa bangga dan bersyukur, bahwa gerakan hari budaya telah mengkristal pada penetapan hari budaya Kutai Kartanegara yang jatuh pada tanggal 12 April. “Saya memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Dinas Kebudayaan dan pariwisata Kukar dan semua pihak yang telah memberikan sumbangsih pemikiran dan kajian atas penetapan tanggal 12 April ini, sebagai Hari Budaya Kabupaten Kutai Kartanegara, yang menjadi hari dimana masyarakat Kutai Kartanegara secara serentak mewujudkan spirit dan menggelorakan ragam budaya daerah sesuai dengan adat,” tuturnya.

Oleh karena itu, Rita berharap agar semua pihak baik jajaran Pemerintah Kabupaten melalui Satuan Kerja hingga di tingkat Kecamatan dan Kelurahan, organisasi wanita dan masyarakat, serta pihak swasta lainnya dapat memanfaatkan momentum ini untuk merancang dan melaksanakan aktivitas di lingkungan kerjanya masing-masing yang mencerminkan nilai-nilai budaya sesuai dengan karakter organisasi dan anggotanya.

-

Arsip Blog

Recent Posts