Pesta Budaya, Tarian ‘Mencungkil Matahari’ Curi Perhatian

Batam, Kepri - Pesta Budaya Kita FLOBAMORATA (Flores, Sumba, Timor, Alor, dan Lembata ) dipastikan akan meriah. Sebanyak 384 warga Nusa Tenggara Timur (NTT) telah mendaftarkan diri sebagai peserta lomba tari Jai Kreatif. Mereka terbagi dalam 32 tim. “Ini berarti semua warga pada malam itu akan berlomba sampai ‘mencungkil matahari’,” kata Pieter P Pureklolong, koordinator Pesta Budaya Kita FLOBAMO RATA.

‘Mencungkil matahari’ merupakan sebuah istilah dalam budaya NTT untuk menyebut ‘sampai pagi’. Seluruh warga NTT, artinya, akan berdansa tari Jai sampai pagi. Tari Jai merupakan tarian khas dari Kabupaten Ngada di NTT. Namun, dalam perlombaan di Pesta Budaya Kita FLOBAMORATA, tari Jai dimodifikasi menjadi Jai Kreatif. “Kami merasa sangat terkejut. Dengan sosialisasi yang terbatas, warga NTT di Batam ternyata sangat antusias,” ujarnya.

Pesta Budaya Kita FLOBAMORATA merupakan sebuah pesta budaya inisiatif masyarakat NTT di Batam. FLOBAMORATA singkatan dari Flores, Sumba, Timor, Alor, dan Lembata. Pulau-pulau itu mewakili gugusan kepulauan yang membentuk Provinsi NTT. Kita FLOBAMORATA disusun sebagai bentuk penghargaan terhadap Izaak Huru Doko, pahlawan nasional asal NTT.

Ia tokoh dunia pendidikan dan sosial-politik di NTT. ”Kami sengaja menyelenggarakan acara ini di bulan Mei karena di bulan ini ada dua tanggal penting: 2 Mei dan 21 Mei,” kata Pieter lagi. Pesta budaya ini akan dihelat selama dua hari, Kamis (22/5) dan Jumat (23/5). Pesta ini akan diawali dengan peluncuran buku berjudul “100 Tahun Izaak Huru Doko, Mengenang Perjuangan & Pegabdian Sang Pahlawan” di Hotel Planet Holiday, Kamis (22/5).

Kemudian dilanjutkan dengan acara pentas budaya di kawasan Megawisata Ocarina, Jumat (23/5). Di acara pentas budaya itulah, tari Jai Kreatip akan dilombakan. Begitu juga dengan lomba grup vokal. Total, ada 20 tim yang sudah mendaftar sebagai peserta lomba grup vokal. Dalam lomba vokal tersebut, setiap tim akan menyanyikan dua buah lagu. Lagu pertama, lagu wajib berjudul Ele Moto Paraliru. Dan lagu kedua adalah lagu pilihan dari daerah para peserta.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign