Pusat Informasi Budaya Batik Didirikan di Pekalongan

Pekalongan, Jateng - Basyir Achmad Wali Kota Pekalongan di Pekalongan, Jumat (01/05/2015), menyatakan PIBB akan dibangun di kompleks Gedung Olah Raga (GOR) Jetayu.

“Kami akan geser keperuntukan GOR Jetayu menjadi kawasan budaya dan kesenian daerah. Melaui ‘master plan’ yang dibuat Badan Pengkajian dan Penerapan Tehnologi, rencanannya GOR Jetayu akan dibuat menjadi PIBB,” tegasnya.

Basyir Achmad mengatakan fungsi gedung yang akan dibangun lebih diperuntukkan sebagae arena pentas kesenian dan kebudayaan meskipun pada tempat tersebut akan dibangun lapangan tenis di dalam ruangan.

“Kami akan memfokuskan kawasan Jalan Jatayu sebagai PIBB, apalagi di sekitar lokasi itu juga sudah ada Museum Batik Pekalongan,” kata Basyir Achmad.

Basyir Achmad menjelaskan melalui Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPR) Irwan Guswan, Pemerintah Kota sudah mengajukan proposal rencana pembangunan gedung tersebut sekitar Rp. 9 miliar kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Pada tahun 2015, melaui APBD, pemkot menyediakan dana sekitar Rp. 3 miliar untuk pembangunan gedung di tahap awal.

“Kami berharap pembangunan PIBB ini, nantinya bisa dilanjutkan oleh wali kota periode mendatang karena sebentar lagi juga akan dilaksanakan pilkada,” kata Basyir Achmad.

Basyir Achmad menjelaskan pemkot akan mencarikan lahan penganti khusus untuk pembangunan pusat kegiatan olah raga sehingga ke depan prestasi olahraga dan kesenian tetap menjadi perhatian utama dan justru akan membuahkan hasil yang lebih baik.

“Sebelum purna tugas, kami berjanji akan mencarikan lahan pengganti GOR Jetayu yang akan dibangun untuk PIBB,” tegas Basyir Achmad.

Keberlangsungan antara kebudyaan, kesenian dan olahraga mempunyai satu tujuan yang tidak jauh berbeda. Semua sama-sama untuk memajukan kota Pekalongan. Pemuda-pemuda harus berprestasi dalam bidang olahraga dengan didukung penyediaan fasilitas yang memadai, begitu juga budaya dan kesenian harus dilestarikan bersama-sama para pemuda untuk mengangkat kearifan local serta menunjukkan kepada dunia bahwa pekalongan mempunyai ragam kesenian dan budaya yang luar biasa hebatnya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign