Raja-raja Nusantara akan Berkumpul di Pangkalan Bun Tahun Depan

Jakarta - Festival Keraton Nusantara (FKN) tahun 2016 akan digelar di Kerajaan Kutaringin yang berada di Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah. Tak hanya raja-raja nusantara, beberapa raja dan atau perwakilan kerajaan dunia juga rencananya akan hadir dalam perhelatan akbar tersebut.

"Oktober 2016 Insya Allah Kesultanan Kutaringin akan jadi tuan rumah FKN. Nanti raja-raja se-Nusantara akan datang," ungkap Pangeran Muasjidinsyah saat detikcom bertandang ke kediamannya di Pangkalan Bun pekan lalu, Kamis (16/4/2015).

"Beberapa raja atau perwakilan dari Kerajaan luar negeri juga diundang untuk hadir. Ada yang sudah confirmed, seperti Sultan Bolkiah," sambungnya.

Selain Raja Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah saja yang sudah memastikan akan hadir. Menurut kerabat Kerajaan Kutaringin, Sayrani, ada raja dari Belanda yang juga sudah memastikan akan datang.

"Raja-raja nusantara yang akan datang seperti kerajaan di Kalimantan Utara, raja Brunei Darussalam, raja Belanda dan lembaga pemerhati budaya di Eropa," kata Sayrani dalam kesempatan yang sama.

Saat ini pihak Kerajaan Kutaringin terus berkooridnasi dengan Forum Informasi dan Komunikasi Keraton Nusantara dan pihak-pihak terkait untuk mempersiapkan perhelatan tersebut. Akan ada beberapa rangkaian acara yang akan digelar pada FKN ke-X itu.

"Kegiatan nya ada Welcome dinner, seminar dan dialog budaya, pameran kuliner tradisional, pementasan seni budaya dan tari tradisional keraton, pameran ekonomi kreatif," jelas Sayrani.

Selain itu, akan digelar pula kirab prajurit keraton dan pergaan busana tradisional kerajaan-kerajaan. Pihak tuan rumah, kata Sayrani, juga akan mengajak para tamu kerajaannya untuk berkunjung ke daerah wisata dan sejarah yang ada di Kotawaringin Barat.

"Daerah wisata yang disiapkan dan akan dikunjungi seperti wisata sejarah Kotawaringin Lama, Tanjung Puting, dan Tanjung Keluang Bogam Raya," tutupnya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign