Ribuan Pengunjung Padati Pagelaran Budaya RI di Turki

Jakarta - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Ankara, Turki, menyelenggarakan pagelaran budaya Indonesia dengan tema Harika Endonezya (Wonderful Indonesia) pada 9-10 Mei 2015. Pagelaran budaya yang menunjukkan seni tari dan musik tradisional Indonesia dilaksanakan di Kentpark Alisveris Merkezi.

Dalam pagelaran ini, KBRI Ankara bekerjasama dengan Rumah Budaya Indonesia dan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Turki menampilkan kesenian dari berbagai daerah di Indonesia, antara lain angklung, tari saman, tari piring, tari tarek pukat, tari legong, tari pucuk pisang, tari likok pulo, dan poco-poco. Para pelajar Indonesia juga menampilkan tarian khas Turki dari daerah Karadeniz. Pagelaran budaya Harika Endonezya mendapat sambutan meriah dari masyarakat Turki dan dihadiri lebih dari 2.000 pengunjung.

Duta Besar RI untuk Turki, Wardana, melalui siaran pers, menyatakan bahwa pagelaran budaya ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan seni budaya Indonesia kepada masyarakat Turki. Melalui pagelaran budaya ini diharapkan masyarakat Turki dapat lebih mengenal Indonesia secara utuh.

“KBRI Ankara juga mempromosikan pariwisata Indonesia kepada masyarakat Turki. Selama ini potensi pariwisata Indonesia belum banyak dikenal masyarakat Turki, meski cukup banyak wisatawan Indonesia ke Turki,” ulasnya.

Pada 2014 jumlah wisatawan Indonesia ke Turki mencapai 59.486 orang. Sedangkan wisatawan Turki ke Indonesia tercatat hanya sekira 6.000 orang. Fasilitas untuk menunjang mobilitas wisatawan telah tersedia termasuk visa on arrival dan tersedianya jalur penerbangan langsung Istanbul-Jakarta, namun terbatasnya informasi dan orientasi wisatawan Turki ke Eropa menjadi salah satu sebab kurangnya wisatawan Turki ke Indonesia.

“Karenanya KBRI Ankara lebih intensif memperkenalkan dan mempromosikan potensi wisata Indonesia kepada publik Turki melalui pengenalan seni dan budaya Indonesia,” pungkasnya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign