Rumah Adat Minahasa Kian Laris di Malaysia

Manado, Sulut - Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Darwin Muksin mengatakan rumah adat Minahasa makin laris di Malaysia, karena permintaan dari negara tersebut semakin banyak.

"Di akhir pekan bulan April 2014, Sulut mengekspor lima unit rumah adat Minahasa ke Malaysia dengan tipe beragam mulai dari tipe 45, tipe 85 hingga tipe 100," katanya di Manado, Selasa (28/4).

Menurut dia, Rumah Adat Minahasa tersebut diekspor ke Malaysia dengan volume 53,2 ton dan mampu memberikan sumbangan devisa bagi negara sebesar 276.250 dolar Amerika Serikat (AS).

Malaysia sudah merupakan pasar tujuan utama rumah adat Minahasa, karena pengiriman terus dilakukan, meski Rumah Panggung Minahasa juga sudah merambah negara-negara di Benua Eropa, Asia dan Amerika, bahkan Afrika.

Ia mengatakan ekspor rumah adat Minahasa atau rumah panggung asal Woloan ke Malaysia itu bisa terwujud karena pembeli luar negeri percaya, selain motif menarik, juga kualitas pembuatan rumah pengrajin di daerah ini sudah semakin baik dari waktu ke waktu. "Pemerintah daerah terus memberdayakan pengrajin sehingga kualitas yang dihasilkan makin baik," katanya.

Sejak ditetapkan beberapa tahun lalu sebagai kawasan pengrajin rumah panggung, sudah mampu penuhi permintaan yang datang, baik dari daerah lain di Indonesia juga permintaan dari beberapa negara.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign