Seni Angklung Pukau Masyarakat Meksiko

Jakarta - Tepuk tangan meriah membahana di Teatro Angela Peralta di kota San Miguel de Allende, Meksiko, usai Tim Kesenian Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Mexico City memainkan lagu Meksiko, Cielito Lindo, yang dinyanyikan bersama sekitar 400 penonton yang memadati gedung teater akhir pekan lalu.

Pertunjukan musik Angklung oleh Tim Kesenian KBRI Mexico City adalah untuk memeriahkan Festival "16o Encuentro Internacional de Convivencia y Hermandad Universal" pada 23 Mei 2015. Tim Kesenian KBRI juga membawakan lagu Bengawan Solo, My Way, dan Besame Mucho.

Selain disuguhkan dengan kemerduan alunan musik Angklung, Tim Kesenian KBRI yang juga terdiri dari alumni Darmasiswa juga menyuguhkan pertunjukan tari tradisional, yaitu Tari Siutte Manis, Tari Eko Prawiro, Tari Legong Jobong, Tari Ngarojeng, dan Tari Tor-Tor Tandok, ungkap Febby Fahrani dari KBRI Mexico City dalam keterangan tertulis ke VIVA.co.id.

Menurut dia, pertunjukan KBRI di Festival 16o Encuentro Internacional de Convivencia y Hermandad Universal merupakan partisipasi ke-10. Di festival di tahun 2015 ini, KBRI juga melakukan pameran foto satu hari dengan tema ‘Keindahan Panorama Indonesia’ pada tanggal 23 Mei 2015 di lobi Teater Angela Peralta.

KBRI juga melakukan diseminasi informasi dan promosi melalui penyebaran brosur dan pamflet, serta pemutaran video tentang keanekaragaman budaya dan tempat wisata Indonesia.

Untuk memperkenalkan berbagai produk kerajinan dan makanan khas Indonesia, KBRI memfasilitasikan partisipasi Warga Negara Indonesia yang menetap di San Miguel de Allende untuk memamerkan dan menjual berbagai produk kerajinan dan makanan.

Produk seperti pakaian batik, kebaya, kerajinan tas, serta makanan seperti nasi goreng kampung dan bakmi tektek, serta berbagai produk makanan dan minuman ringan mendapatkan respon positif dari masyarakat San Miguel de Allende yang mengunjungi tempat pameran di Central de Plaza de Conde pada tanggal 23 dan 24 Mei 2015.

San Miguel de Allende adalah kota di negara bagian Guanajuato, yang terletak di bagian timur jauh negara bagian Guanajuato di Meksiko tengah. Kota yang memiliki jumlah ekspatriat yang cukup banyak ini (12%-15% dari jumlah populasi) memiliki luas wilayah sebesar 1.537,19 km2.

Kota ini terkenal dengan pengaruh budaya asing, festival budaya, dan karya seni dan sastra. Agrikultur dan industri energi serta mineral dari wilayah ini juga cukup dikenal.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign