Seratusan Pelajar Garut Ikuti Pasanggiri Budaya Sunda

Garut, Jabar - Sebanyak 148 pelajar tingka SMA, MA, dan SMK, dari berbagai kawasan di Kabupaten Garut mengikuti seleksi Pasanggiri Apresiasi Bahasa, Sastra, dan Kesenian Sunda, tingkat Kabupaten Garut di kampus Universitas Garut, Kamis (14/5).

Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Sunda Tingkat SMA MA SMK Kabupaten Garut, Darpan, mengatakan seleksi ini dibagi dalam tiga kategori, di antaranya kategori apresiasi dongeng Bahasa Sunda, membaca dan menulis aksara Sunda, tembang dan pupuh Sunda, serta tari tradisional Sunda.

Para pelajar ini diseleksi oleh tim ahli independen dari praktisi budaya serta sastra Sunda. Selain itu, para pelajar ini diseleksi tim dari kalangan guru bahasa, sastra, dan kesenian Sunda di tingkat SMP dan SD. Dengan demikian, penjurian ini sangat independen dan objektif.

"Tahun lalu, Garut juara pertama kategori apresiasi tembang pupuh dan baca-tulis aksara Sunda. Garut juara umum kedua setelah Bandung. Kami harap tahun ini Garut menjadi juara umum," kata Darpan saat ditemui di sela kegiatan tersebut.

Pasanggiri ini, katanya, merupakan program Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Para pelajar yang lulus seleksi di tingkat kabupaten, katanya, akan bertanding dalam pasanggiri tingkat provinsi bersama daerah lainnya di Jawa Barat.

Dari 148 peserta yang menjalani seleksi, hanya akan ada sembilan pelajar yang menjadi wakil Garut dalama pasanggiri di Provinsi Jawa Barat. Dua pelajar yang lolos akan mewakili Garut dalam pasanggiri kategori apresiasi tarian Sunda, dua pelajar kategori dongeng, dua pelajar kategori aksara Sunda, dan tiga pelajar untuk kategori tembang pupuh.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign