SMP Al-Ikhlas Harumkan Nama Indonesia Pada "Sea Sun Festival" di Spanyol

Madrid, Spanyol - Misi budaya Indonesia kembali mengharumkan nama Indonesia di Spanyol. Misi budaya SMP Al-Ikhlas Cipete, Jakarta berhasil meraih juara pertama dalam kompetisi tarian “Sea Sun Festival: Fiestalonia International Art Festival and Contest” yang diselenggarakan di kota Lloret de Mar (3-8/5)

Dalam kompetisi tersebut, misi budaya SMP Al-Ikhlas "Tralix" (Tari Tradisional Al-Ikhlas) yang dilatih oleh pimpinan Sanggar Tari Tradisional Gema Citra Nusantara, Sdr. Mira Marina Arismunandar, berhasil menyisihkan peserta lainnya yang berasal dari 7 (tujuh) negara seperti Kazakhstan, Azerbaiyan, Irlandia, Iran, Spanyol, Georgia dan Uzbekistan.

Pada penampilan di acara festival tersebut, misi budaya SMP Al-Ikhlas membawakan kombinasi Tari Gending Sriwijaya, Tari Saman dan Tari Piring Aceh serta permainan alat musik angklung. Penampilan mereka mendapat sambutan meriah dan apresiasi dari para penonton serta para juri yang hadir.

Para penonton juga menyampaikan ketertarikannya terhadap tarian dan kostum yang meriah khas Aceh yang dikenakan oleh para penari. Untuk berpartisipasi dalam kompetisi ini mereka telah mempersiapkan diri dengan latihan keras selama 3 (tiga) bulan.

Penampilan misi budaya SMP Al-Ikhlas disaksikan oleh ratusan penonton dari berbagai negara yang setiap tahunnya berdatangan untuk menyaksikan berbagai festival serta kompetisi seni dan budaya di kota Lloret de Mar.

Dalam misi budayanya ini, SMP Al-Ikhlas juga diberikan kesempatan dari pihak panitia untuk berwisata dan mengenal beberapa kota di sekitar Lloret de Mar seperti Girona, Barcelona dan Figueres.

Melalui prestasi misi-misi budaya dari Indonesia semacam ini diharapkan dapat membantu meningkatkan citra positif Indonesia di Spanyol dan pada jangka panjang meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Spanyol ke Indonesia.

-

Arsip Blog

Recent Posts