Upaya Lestarikan Kesenian, Disporabudpar Langsa Gelar Piasan Raya

Langsa, NAD -Sebagai bagian upaya pelestarian kesenian yang ada di Kota Langsa, pihak Dinas Pemuda Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) setempat akan menggelar Piasan Raya Kesenian yang dijadwalkan berlangsung, Selasa (26/5) mendatang.

“Piasan Raya merupakan wujud kepedulian terhadap keberlangsungan dan pelestarian beragam kesenian yang ada di Langsa. Semua unsur terlibat dalam even ini,” ungkap Kadisporabudpar Kota Langsa, Drs Syafrizal, ketika berbincang dengan wartawan, Minggu (24/5) malam di Langsa.

Dikatakan, sejumlah sanggar seni yang ada di daerah itu akan ambil bagian. Mulai sanggar yang ada di sekolah, kampus maupun sanggar umum lainnya. “Kita upayakan semua komponen turut serta,” terang Syafrizal.

Tempat pelaksanaannya di kawasan hutan kota desa Paya Bujuk Seulemak Kecamatan Langsa Baro. Selain even kesenian, kata dia, peserta dan pengunjung juga bisa menikmati suasana wisata alam.

Destinasi wisata tahun 2017 yang dicanangkan terus dioptimalkan, salah satunya melalui kegiatan piasan raya, jelas sang Kadis.

Sedikitnya penampilan yang sudah terdata di panitia meliputi tarian tradisonal, musik, puisi, stand up comedy, drama, dan lainnya.

Untuk tahun anggaran 2015, kata Syafrizal, pihaknya melaksanakan sejumlah program yang terkait dengan pembinaan kepemudaan, olah raga, kebudayaan dan pariwisata. Untuk piasan seni, lanjutnya, merupakan program bidang kebudayaan.

Piasan raya, sambung alumni APDN ini, juga melibatkan beberapa organisasi mitra kerja Dispora diantaranya Dewan Kesenian Aceh Kota Langsa, assosiasi pelaku pariwisata dan seniman gaek Langsa lainnya.

“Kita himbau masyarakat untuk bisa berkunjung ke lokasi acara. Tanpa ada pungutan biaya apapun. Ini juga menjadi ajang rekreasi warga,” tukas Syafrizal.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign