Wisata Sambil Belajar Sejarah di Kompleks Makam Raja-raja Indragiri

Rengat, Riau - Indragiri Hulu yang dikenal sebagai kota bersejarah ini memiliki banyak objek wisata yang bisa dikunjungi. Terdapat situs bersejarah peninggalan Kerajaan Indragiri dan beberapa danau yang berkaitan dengan kejayaan-kerajaan Melayu masa lalu.

Salah satunya situs cagar budaya Kompleks Makam Raja-raja Indragiri. Situs cagar budaya ini terdapat di Desa Kota Lama, Kecamatan Rengat Barat.

Kompleks ini merupakan salah satu dari sekian banyak Kompleks Pemakaman Raja Indragiri yang tersebar di beberapa Kecamatan di Indragiri Hulu.

Di Kompleks Pemakaman Raja-raja Indragiri ini terdapat makam Raja Indragiri beserta keluarga dan pengikutnya. Di antaranya Makam Raja Narasinga II beserta putranya, Sultan Usuluddin, serta makam panjang sekitar 12 meter, yakni makam Panglima Raja Narasinga II, Andi Sumpu Muhammad yang bergelar Panglima Jukse Besi.

Kadispora Inhu, Armansyah menyatakan bahwa untuk objek wisata di Bumi Gerbang Sari, terus dilakukan pembenahan, sehingga betul-betul mempunyai daya tarik bagi para wisatawan, terutama wisatawan domestik.

"Tahun 2015 ini, semua objek wisata akan dilakukkan pembenahan, untuk bisa betul-betul layak menjadi salah satu objek kunjungan, terutama disaat liburan. Bahkan, kami juga sudah menemukan adanya lokasi wisata baru berupa air terjun yang berada di desa Alim kecamatan Batang Cenaku dan ini akan menjadi objek wisata baru, jelasnya.

Menurut Armansyah, pihaknya sudah melakukan design untuk potensi wisata air terjun di desa Alim dan sudah dianggarkan pada tahun 2015 ini. begitu juga dengan design untuk kawasan wisata Danau Raja, yang akan dibuat lebih nyaman.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign