488 Pertunjukan Seni Jalanan Meriahkan Jakarnaval 2015

Jakarta - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta kembali menggelar Jakarnaval 2015 untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-488 DKI Jakarta. Rencananya, Jakarnaval 2015 yang digelar pada Minggu (7/6), dimulai pukul 12.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Kepala Disparbud DKI Jakarta Purba Hutapea mengatakan, hal yang membedakan Jakarnaval tahun ini dibandingkan tahun-tahun lalu, adalah tahun ini Jakarnaval akan menggelar pertunjukan 488 seni jalanan, yang dikemas menjadi satu cerita tentang Jakarta dan kekiniannya.

“Mereka akan mempertunjukkan berbagai kegiatan seni yang berbau Jakarta. Makanya kita ambil tema Jakarnaval tahun ini yaitu Gempita Jakarta,” kata Purba, dalam acara jumpa pers Jakarnaval di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (4/6).

Alasan menampilkan 488 street art performance, Purba menegaskan, pihaknya ingin dalam Jakarnaval tahun ini melibatkan kelompok masyarakat, profesi, kelompok komunitas hobi dan seni budaya yang ada di Jakarta.

Selain itu, Jakarnaval 2015 diisi dengan 35 komunitas hobi dan seni budaya, 22 mobil hias dari berbagai SKPD, BUMD dan BUMN serta pihak swasta, puluhan artis dan band ternama ibu kota, kelompok marching band dan atraksi dari komunitas paramotor Indonesia.

“Pelaksanaan Jakarnaval memang lebih awal dari HUT DKI Jakarta yang jatuh pada 22 Juni. Kenapa kita percepat, untuk menghormati pelaksanaan bulan puasa yang akan berjalan pada 18 Juni,” ujarnya.

Kegiatan hiburan sudah dimulai sejak pukul 12.00 WIB di Monas. Kemudian arak-arakan mobil hias dan 488 street art performance, serta atraksi lainnya akan dimulai pada pukul 15.00 WIB. Pawai itu akan dilepas langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Rute Jakarnaval 2014 yaitu dari Plaza Timur Monas – Jalan Medan Merdeka Utara – Jalan Medan Merdeka Barat. Untuk kelompok pawai mobil hias, lanjut dari Jalan Medan Merdeka Barat menuju Jalan Thamrin dan berakhir di Bundaran HI. Sedangkan untuk kelompok komunitas hobi dan seni budaya, dari Jalan Medan Merdeka Barat lanjut ke Jalan Medan Merdeka Selatan dan berakhir di Silang Barat Daya Monas.

Kurator Jakarnaval 2015, Subarkah mengatakan pelaksanaan Jakarnaval dari tahun ke tahun harus memiliki perbedaan. Hal itu agar warga Jakarta tidak merasa bosan untuk datang ke dalam acara tersebut.

-

Arsip Blog

Recent Posts