BBPR Riau Gelar Pekan Bahasa

Pekanbaru, Riau - Balai Bahasa Provinsi Riau (BBPR) sebagai unit pelaksana teknis Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melaksanakan pekan bahasa 2015 mulai, Jumat (29/5). Kegiatan tersebut akan berlangsung hingga Jumat (5/6/2015) di BPPR Kompleks Univeristas Riau (Unri).

Kepala Balai Bahasa Provinsi Riau, Agus Sri Danardana menyebutkan Pekan Bahasa 2015 merupakan ajang peningkatan berbahasa Indonesia, meningkatkan sikap positif masyarakat Indonesia umumnya dan peserta lomba khususnya terhadap Bahasa Indonesia.

“Kami berharap dengan digelarnya Pekan Bahasa 2015 ini akan meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap sastra Melayu/Indonesia, meningkatkan kepedulian masyarakat pada khazanah sastra Melayu yang menjadi salah satu akar kebudayaan nasional (Indonesia) serta mempererat silaturahmi pegawai Balai Bahasa Provinsi Riau dengan masyarakat,” katanya.

Masih dalam kesempatan yang sama, Kepala BBPR tidak lupa memberi semangat kepada peserta lomba, di mana pada hari pertama ini akan dilangsungkan Lomba Pidato Tingkat SLTA yang diikuti 50 siswa dari SLTA se-Provinsi Riau.

Sementara itu, Yanti Riswara selaku ketua panitia Pekan Bahasa 2015 mengatakan, tema lomba pidato berbahasa Indonesia terdiri dari delapan tema, di mana peserta lomba bebas memilih satu dari delapan tema yang sudah ditentukan oleh panitia lomba.

Lebih lanjut Yanti menyebutkan tentang kriteria penilaian dewan juri terhadap Lomba Pidato Berbahasa Indonesia ini. Di mana kriteria penilaian bertumpu pada kesesuaian isi dengan tema, sistematika (pembukaan, isi, penutup), penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, artikulasi dan intonasi, gaya, mimik, dan improvisasi, dan ketepatan waktu.

“Peserta lomba diberi waktu selama 7 menit untuk berpidato,” tuturnya.

Selain itu, katanya lagi, BBPR telah menyediakan hadiah bagi para pemenang lomba pidato Pekan Bahasa 2015. “Pengumuman dan penyerahan hadiah langsung pada hari ini setelah acara lombanya selesai,” katanya.

-

Arsip Blog

Recent Posts