Beragam Seni Khas Jawa Barat Mentas di Culture Karnaval

Tasikmalaya, Jabar - Ribuan warga masyarakat Tasikmalaya tumpah ruah di sepanjang Jalan HZ Mustofa Kota Tasikmalaya. Warga terpukau dengan keindahan dan keanekaragaman kesenian dan budaya tradisional khas setiap daerah yang ada di Jawa Barat yang sangat banyak, unik dan menarik.

Arak-arakan kebudayaan yang dimulai dari Tugu Adipura dan berakhir di Kawasan Jabar Fair Dadaha Kota Tasikmalaya tersebut merupakan rangkaian kegiatan dari Jabar Fair 2015 yang diselenggarakan oleh Harian Umum Kabar Priangan Grup Pikiran Rakyat bertajuk "Kabar Priangan Culture Karnaval", Minggu (7/6/2015).

Lenggak-lenggok penari, pesona batik hias yang dipadupadankan sehingga menjadi kostum yang sangat indah serta kesenian daerah lainnya, calung, angklung sered, bebegig sukamantri, pencak silat, kuda lumping, ronggeng, reog dan masih banyak lagi yang ikut memeriahkan dalam karnaval Jabar Fair tersebut. Hal ini sangat memukau sekaligus menghibur masyarakat Tasikmalaya.

Dalam acara tersebut disaksikan langsung oelh Walikota Tasikmalaya, Budi Budiman, Jajaran Direksi dan Komisaris PT Berkah Pikiran Rakyat, Unsur Muspida Kota Tasikmalaya, dan seluruh pengusaha serta tamu undangan.

Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman mengaku terkesan dengan adanya karnaval budaya. Pihaknya mendukung sepenuhnya kegiatan yang menjadi hiburan kepada warganya. Selain itu, kegiatan seprti ini jika sering diselenggarakan secara tidak langsung akan menjadi sebuah wisata budaya. Sehingga dengan sendirinya mengangkat hasil kreasi warga Tasikmalaya khusunya, baik dibidang ekonomi kreatif maupun di bidang seni dan budaya, juga mengenalkan hasil kreasi dari daerah lain di Jawa Barat.

Ketua Panitia Karnaval Moch Ai Nurdin mengatakan, kegiatan karnaval merupakan salah satu rangkaian acara Jabar Fair. Agenda yang mengangkat sekaligus sebagai ajang promosi kebudayaan dan Usaha Kecil Menengah (UKM) seperti ini akan terus dilaksanakan seiring dengan banyaknya permintaan dari warga. Animo masyarakat sangat tinggi termasuk para peserta pameran dan peserta karnaval.

Oleh sebab itu, pihaknya akan terus melakukan evaluasi pada kegiatan ini. Agar ke depan bisa memberikan kegiatan yang lebih bagus dari yang sekarang, terus memberikan yang terbaik, ujarnya.

Salah seorang warga masyarakat Dadi mengatakan, kegiatan karnaval di Tasikmalaya sering diadakan. Namun acara karnaval kali ini paling menarik. Sebab, sangat banyak tradisi seni dan kebudayaan daerah yang ditonjolkan.

Sementara salah satu pelaku seni Ahmasyah Timutiah mengaku bangga dengan kegiatan karnaval ini. Sehingga para pelaku seni bisa mempertontonkan kreasi seninya dihadapan masyarakat banyak. Masih banyak sekali masyarakat yang tidak mengetahui keberadaan kebudayaan warisan leluhur terutama budaya Sunda. "Oleh karena itu, pihaknya berharap semakin banyak pertunjukan seperti ini, sebab pelaku seni semakin bisa berekspresi dan menambah pendapatan tentunya," ujarnya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign