Kecamatan Pelalawan Gelar Mandi Balimau Sultan

Pelalawan, Riau - Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap jelang bulan suci Ramadan, masyarakat yang ada di seluruh pelosok Kabupaten Pelalawan melaksanakan ritual pembersihan diri dengan mandi balimau yang biasa dikenal dengan istilah potang maogang.

Namun, sebelum dimulainya potang maogang di seluruh bagian wilayah Kabupaten Pelalawan, prosesi tradisi ritual ini dimulai dari tanah bersejarah sebagai cikal bakal Kabupaten Pelalawan, tempat berdirinya Kerajaan Pelalawan Istana Sayap di Kelurahan Pelalawan yang dikenal dengan nama mandi balimau sultan.

Demikian disampaikan ketua panitia pelaksana mandi balimau sultan Edi Hanafi melalui Kepala Seksi Publikasi Asnol Mubarack SSos MSi kepada Riau Pos, Selasa (9/6) di Pangkalankerinci. Dikatakan Asnol, bahwa untuk pelaksanaan mandi balimau sultan jelang bulan suci Ramadhan 1436 Hijriah/ 2015 Masehi ini, ritual balimau sultan akan dilaksanakan pada tanggal 11 Juni mendatang.

“Insy Allah, jika tidak ada aral melintang, pada tanggal 11 Juni mendatang kami akan melaksanakan acara mandi balimau sultan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1436 Hijriah,” terang Asnol.

Dijelaskannya, mandi balimau sultan ini merupakan agenda tahunan Lembaga Kerapatan Adat Melayu (LKAM) Kabupaten Pelalawan. Sedangkan pelaksanaan mandi balimau sultan ini, dipusatkan tepat di samping Istana Sayap atau tepatnya di tepian Sungai Rasau Kecamatan Pelalawan.

“Sedangkan pelaksanaan mandi balimau sultan ini merupakan kegiatan pembuka mandi balimau diseluruh desa yang ada di Kabupaten Pelalawan. Artinya, sebelum dilakukan prosesi mandi balimau sultan ini, maka mayarakat Kabupaten Pelalawan belum diperkenankan untuk melaksanakan mandi balimau dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan. Untuk itu, pelaksanaan mandi balimau sultan ini digelar lebih awal,” bebernya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign