Komplek Makam Raja Indragiri Kurang Perhatian Pemerintah

Inhu, Riau - Bangunan gapura Komplek Makan Raja-Raja Indragiri yang dibangun Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau, di Simpang Desa Kotalama, Kecamatan Rengat Barat tidak terawat. Cat dan bacaan yang tertulis di bagian gapura tersebut terlihat mulai kusam.

Hal ini pun menjadi perhatian warga setempat, sehingga beberapa orang warga mengambil inisiatif untuk mengecat kembali gapura tersebut dengan dana swadaya.

Juru pelihara Situs Cagar Budaya Komplek Makam Raja-Raja Indragiri, Saharan Sepur, Selasa (16/6) menyebutkan kondisi tersebut membuat warga Kotalama melaksanakan gotong royong mengecat bagian gapura. Ini dilakukan warga karena merasa malu jika gapura tersebut terlihat kusam dan kurang terpelihara.

"Gapura ini kan sebagai identitas keberadaan makam Raja-Raja Indragiri yang merupakan bagian dari sejarah Kerajaan Indragiri, jadi gak mungkin dibiarkan oleh warga bacaan di gapura itu kusam sampai tidak terbaca," ujar Saharan kepadamerdeka.com.

Menurut Saharan, pekerjaan pengecatan tersebut tetap mengikuti warna sebelumnya yang dibangun Pemkab Inhu. "Pekerjaannya sudah mulai selesai, tinggal bagian atas, yang jelas warga tidak merubah warna asli sebelumnya," jelas Saharan.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign