Kota Bogor Jadi Tuan Rumah Festival Bunga Internasional 2017

Bogor, Jabar - Tahun 2017 Kota Bogor, Jawa Barat akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan pameran flora terbesar yakni Festival Bunga Internasional yang diikuti sekitar 32 negara di dunia.

Festival Bunga Internasional tersebut diselenggarakan berkat kerja sama antara Pemerintah Kota Bogor dengan Kebun Raya-LIPI dan Goyang International Flower Foundation dari Korea Selatan.

"Festival Bunga Internasional ini setiap tahun diselenggarakan di Kota Goyang, Korea Selatan sejak tahun 1997. Sejak 2009 Indonesia sudah ikut. Pemerintah Kota Goyang mencoba menyelenggarakan event yang sama di Kota Bogor," kata Sofie Mursidawati peneliti dari Kebun Raya-LIPI, saat mendampingi delegasi Goyang Internastional Flower Foundation, Korea Selatan, di Balai Kota, Rabu.

Menurut Sofie, kesepakatan bersama untuk menyelenggarakan Festival Bunga Internasional telah diawali antara Kebun Raya Bogor-LIPI dan Goyang International Flower Foundation. Dengan menghadirkan dua flora langka Indonesia yakni Rafflesia dan Amorphophallus pada Festival Bunga Internasional di Goyang, Korea Selatan tahun 2013 dan 2014.

"Festival Bunga Internasional ini rencananya akan diselenggarakan bertepatan dengan dua abad Kebun Raya Bogor dan Hari Jadi Bogor ke 535," katanya.

Ia mengatakan, Festival Bunga Internasional diselenggarakan setiap tahunnya pada bulan April di Kota Goyang, Korea Selatan. Kemeriahan acara tersebut diikuti 32 negara yang dihadiri satu juta pengunjung selama tiga minggu pelaksanaannnya.

"Festival Bunga Internasional ini menjadi ajang promosi pariwisata Indonesia, mengenalkan flora unik yang kita miliki serta menggairahkan pasar bunga dalam negeri," katanya.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, penyelenggaraan Festival Bunga Internasional sangat potensial bagi Kota Bogor untuk menarik kunjungan wisatawan selama tiga minggu penyelenggaraan.

"Festival Bunga Internasional ini sudah dibicarakan beberapa kali oleh Kebun Raya-LIPI dan Pemerintah Kota Bogor. Ini akan menghadirkan turis selama tiga minggu berturut-turut, kita sangat respon positif," kata Bima.

Ketua Panitia Goyang International Flower Foundation, Christopher Lim menyatakan sangat siap mendukung penyelenggaraan Festival Bunga Internasional di Kota Bogor agar semeriah dan semegah penyelenggaraannya di Goyang, Korea Selatan.

"Mungkin yang perlu diperhatikan oleh Pemerintah Kota Bogor agar permasalahan kemacetan dapat diatasi," katanya.

Tindak lanjut dari rencana penyelenggaraan Festival Bunga Internasional nantinya, akan ada lawatan dari Wali Kota Goyang, Korea Selatan yang akan berkunjung ke Kota Bogor pascalebaran untuk melihat dan meninjau persiapan.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign