Suasana Bali Hadir di Kishiwada, Osaka melalui “The 7th Bali Dance Festival”

Osaka, Jepang - Sebanyak 7 sangggar tari yang ada di wilayah Kansai unjuk diri dan menampilkan 11 jenis tarian Bali pada pagelaran seni Bali “The 7th Bali Dance Festival”. Festival Tarian Bali tersebut dilaksanakan di Kishiki Shrine di Kota Kishiwada, Jepang pada tanggal 6 Juni 2015.

Festival Seni Tari Bali yang telah terselengara untuk ketujuh kalinya ini dibuka oleh Walikota Kishiwada Yoshinoro Shigi dan Konjen RI Osaka di Osaka. Dalam sambutan Pembukaannya Walikota Kishiwada menyambut baik pelaksanaan “Bali Dance Festival” sebagai festival tahunan yang dinantikan oleh masyarakat Kota Koshiwada dan sekitarnya, serta menandakan Kishiwada sebagai kota yang terbuka terhadap budaya tradisional dari negara lain.

“The 7th Bali Dance Festival” diawali oleh parade “Baleganjur” mengelilingi Kishiki Shrine, dilanjutkan dengan penampilan tari-tarian antara lain Gabor, Kembang Girang, Topeng Dalem, Merak Angelo, Margapati, Gora Merdawa yang ditampilkan seluruhnya oleh penari-penari asal Jepang dari bebarapa sanggar tari dan budaya yang ada di wilayah kerja KJRI Osaka antara lain Chandra Baskara; Pitha Maha, Purnama Sari, Margahayu, Padma Sari, Bali Kencana dan Surya Metu. Selain itu juga ditampilkan tarian pendet oleh anak-anak SD setempat yang dilatih oleh istri Konjen RI Osaka.

Selain tarian Bali, juga ditampilkan kesenian khas kota Kishiwada “Danjiribayashi” yang ditampilkan oleh kelompok pemujda “Uemachi Seinendan” sebagai bentuk keharmonisan seni budaya kedua bangsa. Selain kesenian, para pengunjung yang datang juga dapat menikmati makanan khas dan cindera mata asal Indonesia dalam bazaar yang dilaksanakan bersamaan,

Festival Tari Bali ke-7 ini menjadi salah satu bukti besarnya apresiasi dan perhatian masyarakat Jepang terhadap seni budaya Bali yang tidak hanya terlihat dari banyaknya sanggar Tari Bali yang bermunculan dan ketertarikan masyarakat Jepang untuk mempelajari tari tradisional Bali, namun juga dari padatnya pengunjung yang datang untuk menyaksikan pagelaran seni tari tersebut, yaitu lebih dari 700 orang.

-

Arsip Blog

Recent Posts