Takjub Keindahannya, Warga Yunani Ramai-ramai Belajar Batik

Athena, Yunani - Kepincut keindahan batik, warga "Negeri Para Dewa" Yunani ramai-ramai belajar ingin menguasai teknik membatik. "To Batik ine mia endiposiaki texni (Batik karya seni yang menakjubkan)," komentar salah seorang peserta.

"Minat masyarakat Kefalonia untuk mengikuti pelatihan batik sangat besar. Namun untuk efektifitas pengajaran dan mengingat keterbatasan tempat dan fasilitas, maka dibatasi jumlah pesertanya 45 orang," ujar Sekretaris I Pensosbud John Admiral kepada detikcom, Jumat (12 Juni 2015).

Pelatihan membatik berlangsung selama tiga hari, diselenggarakan oleh KBRI Athena bekerjasama dengan Ionion Centre of Arts and Culture (ICAC) Kefalonia, Yunani (9-11 Juni 2015).

Peserta dibagi dalam tiga kelas kategori: seniman, pelajar dan masyarakat umum dengan tiap kelasnya sebanyak 15 orang. Selain itu juga ada satu sesi kelas khusus untuk pelajar berkebutuhan khusus.

Materi pelatihan terbagi dua, teori dan praktek. Untuk memberikan pengetahuan awal dan pemahaman para peserta mengenai batik, maka kelas diawali dengan penayangan video singkat tentang perkembangan batik di Indonesia dan proses pembuatannya.

Para peserta melakukan tahapan proses membatik mulai dari mencanting, mewarnai dan mengeringkan. Semua peralatan dan perlengkapan membatik untuk para peserta disediakan oleh KBRI Athena.

Untuk mengembangkan materi pelatihan yang telah diperoleh, para peserta mendapat compliment berupa satu set peralatan membatik terdiri dari canting, kain bermotif dan papan lingkaran kain.

Pelatihan membatik ini selain mendapat perhatian dan sambutan hangat dari masyarakat juga dari pemerintah kota Kefalonia. Walikota Kefalonia hadir dan menyaksikan langsung jalannya pelatihan. Pelatihan juga diliput oleh stasiun radio setempat.

Mempertimbangkan besarnya minat dan perhatian pemerintah dan masyarakat Kefalonia terhadap seni budaya Indonesia, maka KBRI Athena ke depan akan mengembangkan kerjasama seni dan budaya lebih lanjut dengan ICAC.

"Antara lain menyelenggarakan kelas memasak kuliner Indonesia dan kelas tari tradisional Indonesia," demikian Duta Besar RI untuk Yunani Benny Bahanadewa.

ICAC adalah salah satu lembaga pendidikan, riset dan seni internasional terkemuka di Kefalonia, Yunani. Lembaga ini memiliki kerjasama riset seni dan budaya dengan universitas di Amerika Serikat, Inggris dan Australia.

Sejak 2010 ICAC telah menyelenggarakan berbagai program pelatihan di bidang pendidikan, riset dan seni dengan mengundang seniman dan akademisi internasional.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign