Tenun Melayu Berpotensi Go Internasional

Pekanbaru, Riau - Designer asal Rokan Hulu berhasil menyabet jawara pada ajang perdana Lancang Kuning Fashion Festival 2015. Pada grand final yang digelar di SKA Co-Ex, akhir pekan lalu yang berlangsung meriah. Melalui kegiatan tersebut, dinilai keberagaman dan kekayaan motif tenun Melayu dinilai mampu dikembangkan lebih luas lagi.

Demikian disampaikan Plt Gubri Ir H Arsyadjuliandi Rachman yang menutup acara diwakili Asisten III Setdaprov Riau Edi Kusdarwanto. Menurutnya, setelah melihat penutupan acara yang mewah tersebut, terbukti tenun Melayu dengan beragam motifnya mampu menyihir seluruh tamu yang datang.

“Paduan yang cocok sekali dari motif Melayu di seluruh daerah Riau, menjadi pakaian untuk beraktivitas. Tentunya jika melihat ajang ini, tenun Melayu akan mampu merambah nasional, bahkan sampai Go Internasional,’’ ungkapnya bangga.

Kegiatan yang ditaja Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau tersebut, lanjut Edi, patut diapresiasi. Sebab dapat menggali potensi kekayaan tenun Riau, dengan di desain sempurna oleh designer lokal dan masih tergolong muda. ‘’Potensi untuk dikembangkan menjadi industri fashion berskala besar juga sangat terbuka,’’ tambahnya.

Melalui ajang tersebut ia menilai mampu menjadi bagian dari perkenalan budaya Melayu dengan pengembangan sektor ekonomi kreatif. Dalam kesempatan tersebut tampak hadir Ketua Iwapi Riau Irma Hafidah Rachman, Kepala Disperindag Riau M Firdaus, serta pejabat eselon III lingkungan Disparekraf Riau.

Selama ini, pakaian melayu Riau seperti dicontohkan Ketua Iwapi Riau Irma, sapaan akrabnya menceritakan, masyarakat lebih mengenal sebagai bahan pakaian formal. Namun melalui ajang yang diikuti 24 peserta dari 12 kabupaten/kota di Riau tersebut, ternyata mampu dirubah sedemikian rupa menjadi jauh lebih baik dan modern.

“Pengiat desain pakaian Riau harus mampu menangkap peluang bisnis. Dengan mengoptimalkan bahan dan produk tenun Melayu, sehingga bisa lebih dikenal masyarakat luas, terutama masyarakat Riau terlebih dahulu,’’ tuturnya.

Designer asal Rohul, Via Merza Herdianti yang juga merupakan mantan dara Rohul, terbukti mampu mengaplikasikan hobinya merancang busana dengan merebut prestasi sebagai jawara pada Lancang Kuning Fashion Festival 2015. Ia unggul dari peserta asal Kuansing yang berada pada posisi dua dan peserta dari Sanggar Laksamana Pekanbaru yang menempati urutan ketiga.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign