Wonderful Indonesia Bergema di Rostov on Don Rusia

Rostov on Don, Rusia - Mengenalkan Indonesia ke masyarakat Rusia, ini yang dilakukan mahasiswa RI yang tengah menempuh pendidikan di Kota Rostov on Don, Rusia. Acara Wonderful Indonesia pun digelar dengan dukungan penuh KBRI Moskow.

Acara diselenggarakan di Don State Public Library, Kota Rostov on Don, Rusia, pada Rabu (3/6) lalu. Acara digelar hingga Sabtu (6/6). Dibuka dengan pemotorngan tumpeng oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia dan Republik Belarusia, Djauhari Oratmangun.

Sebelumnya lagu Indonesia Raya dikumandangkan, dan tari tradisional khas pesisir Kalimantan “Tajong Samarinda” juga ditampilkan oleh para mahasiswa Indonesia. Acara ini diprakarsai oleh para mahasiswa Indonesia di Rostov On Don bekerjasama dengan KBRI Moskow.

Selain itu, kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Kementerian Pendidikan Umum dan Profesional Daerah Rostov On Don dan Don State Public Library Rostov on Don. Diadakan juga pameran foto, pameran souvenir, pameran produk-produk Indonesia, dan pergelaran seni tari dan seni musik Indonesia. Foto-foto yang dipamerkan, menunjukkan keindahan alam dan keragaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia dan merupakan karya dari fotografer Indonesia.

Duta Besar Djauhari Oratmangun juga memberikan presentasi tentang hubungan bilateral Indonesia dan Rusia. Sedang pejabat Perpustakaan Rostov On Don, Mikhail Yensonovic, turut memberikan sambutannya serta menyampaikan sangat bangga acara Wonderful Indonesia 2015 dapat berlangsung di Perpustakaan Nasional Rostov On Don.

Acara ini kali pertama dilakukan di kota tersebut, dengan tema “The Lands of Thousand Treasures”. Acara ini berfokus pada bidang budaya, alam, pariwisata dan perdagangan (pameran produk-produk Indonesia). Hal tersebut bertujuan untuk memperkenalkan kepada warga Rusia tentang produk-produk, kebudayaan dan pariwisata Indonesia dan memilih Indonesia sebagai destinasi liburan mereka.

“Ini kali kedua saya berada di kota Rostov on Don dan saya sangat merasa senang karena kehangatan yang dimiliki warga Rostov on Don. Saya sangat berterima kasih kepada para mahasiswa Indonesia di Rostov on Don karena sudah sangat membantu dalam hal mengenalkan Indonesia”, ujar Duta Besar Djauhari Oratmangun dalam sambutan.

Acara dihadiri oleh semua kalangan, antara lain, Rektor, Dekan, Dosen, dan Mahasiswa dari berbagai universitas yang terdapat di kota Rostov, seperti Rostov State Medical University, Southern Federal University, dan Don State Technical University. Tamu undangan yang memenuhi perhelatan Wonderful Indonesia dihadiri sekitar 150 orang.

Sementara itu, Ketua Panitia pelaksana Wonderful Indonesia, Mafasi Eryawan Krisnuwardana, mahasiswa Indonesia asal Balikpapan yang saat in sedang mengikuti kelas persiapan bahasa Rusia (Podfak) di Don State Technical University, mengatakan agar acara serupa dapat diselenggarakan lagi pada tahun-tahun kedepannya, bahkan diadakan di kota lainnya di Rusia.

Hal ini dengan melihat antusias masyarakat Rusia pada pameran ini serta para pengunjung dapat mendapatkan informasi tentang pesona alam dan keragaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia.

Sedang Nurbayunandes Yusup Manan, mahasiswa S2 jurusan Pariwisata di Southern Federal University, menyampaikan kebanggaannya atas kerja keras dan kerjasama teman-teman panitia yang telah mempersiapkan acara ini.

“Tentunya dalam mempersiapkan acara ini terdapat berbagai hambatan, namun atas dukungan dan partisipasi dari KBRI Moskow, acara ini dapat berjalan dengan lancar. Saya mewakili mahasiswa Indonesia di Rostov on Don mengucapkan terima kasih kepada Bapak Djauhari selaku Duta Besar RI di Moskow serta pihak Don State Public Library yang memberikan tempat untuk terselenggaranya acara ini” ujar Nurbayunandes Yusup Manan yang juga menjadi panitia inti acara Wonderful Indonesia 2015.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign