400 Pemuda Nusantara akan Meriahkan Sail Tomini

Parigi, Sulteng - Sebanyak 400 pemuda dari seluruh provinsi di Indonesia, akan memeriahkan Sail Tomini 2015 lewat kegiatan Kapal Pemuda Nusantara yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Kepariwisataan Kabupaten Parigi Moutong Mawardin Nurdin mengemukakan di Parigi, Rabu, para pemuda peserta Kapal Pemuda Nusantara itu akan menggelar berbagai kegiatan kepemudaan di Kabupaten Parigi Moutong selama enam hari mulai 13 September 2015.

Kapal tersebut, kata Mawardin di sela rapat Panitia Sail Tomini di Parigi, akan singgah di Kecamatan Tinombo pada 13 September untuk menggelar berbagai kegiatan seperti bhakti sosial, kepramukaan dan seni-budaya.

"Mereka juga akan mengunjungi Tugu Khatulistiwa di Kecamatan Tomini, yang merupakan salah satu obyek wisata daerah itu," katanya.

Setelah dua hari di Tinombo, kata Mawardin, pada 14 September 2015 kapal tersebut akan bergerak ke Pantai Kayubura, Kelurahan Pelawa Baru, Kabupaten Parigi Tengah, yang merupakan lokasi puncak acara Sail Tomini 2015.

Di tempat ini, para peserta akan dikerahkan untuk menggelar berbagai kegiatan kepemudaan, kebaharian, olahraga, seni dan budaya serta bhakti sosial bersama masyarakat.

"Kami sudah menyiapkan 200 rumah penginapan (home-stay) di dua kecamatan yakni Parigi Utara dan Parigi Tengah masing-masing 100 home stay untuk para pemuda tersebut," ujarnya.

Pada puncak acara Sail Tomini 19 September yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo, ibu Negara Iriana, para menteri dan pejabat sipil dan TNI serta duta besar negara-negara sahabat, para pemuda ini akan menjadi penyambut tamu dengan berpakaian adat dari daerah masing-masing.

Pemkab Parigi Moutong menyambut gembira kegiatan Kapal Pemuda Nusantara dan Pemuda Bahari Sail Tomini 2015 tersebut karena akan memberikan dampak yang signifikan bagi daerah khususnya memotivasi kalangan muda di Parigi-Moutong untuk memberikan karya bhakti yang lebih besar bagi daerah dan bangsa.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign