Darwis Siapkan Pesta Seni dan Budaya Lima Pulau

Balikpapan, Kaltim - Terinspirasi acara Pesta Kesenian Bali 2015 yang digelar selama sebulan di Art Center, Denpasar, Ketua Dewan Kesenian Balikpapan H Darwis M Noor menginisiasi acara serupa di Balikpapan pada 2016 mendatang.

DI depan ratusan penonton yang memenuhi tribun panggung terbuka Ratna Kanda. Art Center, Darwis menyatakan siap menggelar Pentas Seni dan Budaya Lima Benua.

Menurutnya, dalam event akbar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Balikpapan ke-119 tahun 2016, DKB akan mengundang pelaku seni perwakilan dari lima pulau menggelar pementasan seni dan budaya di Balikpapan. Lima pulau tersebut adalah, tuan rumah Pulau Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi dan Sumatera.

"Silakan masing perwakilan pulau menampilkan kesenian dan budayanya masing-masing. Event benar-benar menjadi ajang pesta budaya terbesar di Indonesia. Kalau Pesta Kesenian Bali hanya diikuti perwakilan daerah di Bali, Pesta Kesenian Lima Pulau ini dari perwakilan lima pulau yang ada di Indonesia," ujar Darwis.

Melalui ajang ini diharapkan masyarakat kaltim, khususnya balikpapan bisa mengenal seni dan budaya dari berbagai daerah tanpa harus mendatangi daerah dimana budaya tersebut berasal.

"Jika ingin melihat seni dan budaya Bali tak perlu jauh-jauh ke bali, demikian juga daerah lain," katanya.

Sebaliknya, balikpapan dan kabupaten/kota di kaltim lainnya, bisa mempromosikan seni dan budayanya melalui pesta kesenian 5 pulau.

Darwis berharap rencana ini mendapat dukungan dari pihak Pemerintah Kota dan DPRD Kota Balikpapan. "DKB hanya memfasilitasi kegiatan ini, harapkan kami Pemkot dalam hal ini DInas Pemuda Olahraga, Budaya dan Pariwisata mendukungnya," tandasnya.

Sementara, Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdullah yang ikut hadir dalam acara pentas seni di panggung terbuka Ratna Kanda, Denpasar, Bali menyambut baik rencana DKB menggelar Pesta Kesenian Lima Pulau.

"Kami mendukung wacana DKB engelar Pesta Kesenian Lima Pulau. Kami harap segera dipersiapkan dan berkoordinasi dengan daerah-daerah yang akan diundang," tuturnya.

Menurut Abdullah, pelasanaan kegiatan ini memerlukan anggaran tidak sedikit, sehingga perlu dipersiapkan jauh-jauh hari.

Mengambil tema "Dawai Sapeq Borneo di Pulau Dewata", tim kesenian Balikpapan terdiri dari 75 pelaku seni dipimpin Ketua DKB H Darwis M Noor mempromosikan seni dan budaya Kaltim di Denpasar, Bali. Misi kesenian dan budaya Kaltim di Bali ini sudah keempat kalinya digelar DKB. Tahun ini bersamaan dengan ajang Pesta Kesenian dan Budaya Bali ke-XXXVII 2015 digelar di Art Center, Denpasar.

Berbagai kesenian asli Kalimantan, khususnya Balikpapan ditampilkan di ajang tersebut, antara lain Tari Liuk Enggang Borneo, Tari Jepen Balikpapan Beriman, Kancet Kuaq, Musik Sampeq Kuaq Tiga Dawai dan Tangguy Datung, serta lagu-lagu Kalimantan.

Antusias penonton di Bali luar biasa. Pementasan belum mulai, ratusan pengunjung dari berbagai daerah, termasuk para turis dari manca negara yang berkunjung ke Bali sudah memenuhi arena panggung.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign