Festival Lampu Colok Mandau 2015 Digelar pada 26 Ramadhan

Duri, Riau - Dalam waktu dekat, seluruh masyarakat Mandau akan merayakan semarak Ramadhan dengan kegiatan Festival Lampu Colok 2015. Kegiatan tahunan itu seperti biasa diadakan oleh UPT Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Mandau.

Kabar baik itu disampaikan langsung oleh Ka UPT Disbudparpora Mandau Asaluddin Boegis, Rabu (1/7). Bahwa kegiatan rutin tahunan itu akan dilaksanakan pada 26 Ramadhan atau malam 27 nanti.

"Insya Allah, pada tahun ini Festival Lampu Colok akan diselenggarakan pada tanggal 26 Ramadhan nanti," ungkapnya.

Disampaikannya juga, pemasangan lampu colok merupakan bagian tradisi masyarakat Melayu. Tradisi itu berawal dari keinginan masyarakat untuk memberikan penerangan sepanjang Ramadhan.

Kegiatan itu kemudian dijadikan sebagai bagian syiar Islam dengan memanfaatkan hiasan-hiasan lampu yang bernuansa islami. Baik dengan menduplikasi model masjid, kaligrafi, dan lain sebagainya.

Ashaluddin berharap, diselenggarakannya Festival Lampu Colok dapat mengajak peran serta seluruh masyarakat kelurahan dan desa untuk terlibat di dalamnya.

"Dengan diadakannya kegiatan ini, kita berharap kepada kelurahan dan desa termasuk organisasi kemasyarakatan yang ada untuk mengikuti festival ini," harapnya.

Dijelaskannya juga, pihaknya sudah menyiapkan beragam hadiah sebagai ganjaran setiap peserta yang terlibat. "Panitia dari Dinas Pariwisata akan menyiapkan hadiahnya. Mulai dari Juara Pertama sampai Juara Keempat," tandasnya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign