Gawai Dayak Sanggau Digelar Tiga Hari

Sanggau, Kalbar - Ketua panitia pelaksana Pekan Gawai Dayak (PGD) Kabupaten Sanggau, Markus mengatakan, pelaksanaan PGD akan berlangsung di Rumah Betang Dori Empulor, Kabupaten Sanggau, 7-9 Juli 2015.

Tema PGD tahun ini adalah "Melalui gawai dayak nosu mino podi Kabupaten Sanggau kita dukung seven brand image Sanggau".

Tujuan dilaksanakannya PGD yang digelar setiap tahun ini adalah untuk melestarikan adat istiadat dan seni budaya masyarakat adat dayak yang merupakan identitas dan jati diri masyarakat dayak.

"Sebagai wahana untuk saling intropeksi diri bagi masyarakat adat dayak terhadap seluruh aktifitas masyarakat adat dayak yang telah dilaksanakan satu tahun sebelumnya," kata Markus yang juga Kepala BLHKPK Sanggau ini, Minggu (21/6/2015).

Selain itu, untuk menyatukan sudut pandang kegiatan gawai dayak sebagai ungkapan syukur kepada sang pencipta alam semesta yang harus dilaksanakan secara murni dan terpola.

PGD yang dimulai 7 Juli ini akan dibuka Gubernur Kalbar, Cornelis pada pukul 08.30 WIB dengan upacara adat. Tuan rumah PGD jatuh pada DAD Kecamatan Kembayan.

"Yang menjadi tuan rumah PGD ini, berdasarkan hasil diskusi dari DAD Sanggau setiap tahunnya, karena memang setia tahun pasti berganti tuan rumahnya, " jelasnya.

Acara yang ada di dalam PGD ini akan dilaksanakan 13 perlombaan, di antaranya, tarian kreasi, lomba mendongeng, membuat kue tradisional, pantun, menyumpit, domamang domia, lagu daerah, busana daerah, dan gasing, suvenir motif dayak, pencak silat, dan menumbuk padi.

Untuk malam hari pertama acara PGD berlangsung pada pukul 08.30 WIB sampai pukul 00.00 WIB. Untuk hari kedua dimulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 23.30 WIB sedangkan penutup dimulai pukul 07.00 WIB sampai 20.30 WIB.

-

Arsip Blog

Recent Posts