IPPMBR Perkenalkan Budaya Banjar

Tembilahan, Riau - Ikatan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Banjar Riau (IPPMBR) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengupayakan agar berbagai budaya Suku Banjar bisa dikenal kembali di tengah-tengah masyarakat.

Menurut Ketua IPPMBR Inhil, Jamaluddin, saat ini banyak budaya Banjar nyaris punah karena dilupakan. Ke depan hal itu diharapkan tidak sampai terjadi lagi. Maka dari itu ia mengajak masyarakat Banjar bersatu dalam pengenalan budaya mereka. “Masyarakat Suku Banjar yang ada di Inhil terbilang sangat banyak. Maka kita sayangkan kalau sampai budaya tersebut hilang begitu saja,” katanya, kemarin.

Sekadar diketahui bahwa Suku Banjar memiliki budaya yang kental dan tetap dijaga secara turun temurun hingga sampai kepada generasi terkini. Namun faktanya banyak generasi muda nyaris tidak paham dengan apa itu budaya asli Banjar.

Beberapa budaya Suku Banjar yang akan dihidupkan kembali seperti silat pengantin, pengantin beusung, pengantin sahur, makan betalam, madihin dan lain sebagainya. Di antara budaya itu sangat kental dengan kehidupan dan tradisi para leluhur Suku Banjar di masa lalu.

“Kami akan mengenalkan budaya-budaya Banjar ini dengan cara membuat kegiatan seniman yang terjun langsung ke masyarakat, khusunya para generasi muda,” jelasnya.

Sebelum memperkenalkan budaya Suku Banjar, lanjut Jamaluddin, yang mesti disosialisasikan kepada masyarakat tentang keberadaan organisasi IPPMBR. Dengan demikian hal itu bisa mempererat tali persaudaraan antara sesama Suku Banjar.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign