17.000 Warga akan Berbusana Songket Silungkang

Sawahlunto, Sumbar - Empat Kementerian RI yakni Ke­men­terian Koperasi dan UKM, Ke­menterian Perindustrian, Ke­menterian Perdagangan dan Kementerian Pariwisata men­dukung pelaksanaan Songket Carnaval yang digelar 28 Agustus 2015 di Sawahlunto.

Iven pengenalan warisan budaya nu­santara tersebut akan dimeriahkan oleh sekitar 17.000 warga berbusana Songket Silungkang. Kegiatan yang bertajuk Sa­wahlunto International Songket Carnaval (SISC) 2015, terbuka untuk umum yang yang mengi­kutinya, selain itu juga bertabur hadiah puluhan juta rupiah bagi peserta yang menggikutinya.

“Saat ini persiapannya sudah dimulai, termasuk rangkaian kegiatan lainnya dan pendaftaran peserta karnaval juga telah dibuka,” kata Kabag Humas Setdako Sa­wahlunto, Zainul Anwar kepada Haluan.

Dikatakannya, kegiatan yang pertama klai ini akan mmulai digelar pada 28 Agustus mendatang, sekaligus akan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan kategori peserta terbanyak memakai kain tenun Songket se- Indonesia.

Selain karnaval lanjutnya, kegiatan itu juga diisi dengan pameran songket yang menampilkan kaneka ragaman Songket nusantara dan luar negeri yang disandingkan dengan songket Silungkang, untuk pameran songket digelar 28-30 Agustus di gedung Pusat kebudayaan(GPK) setempat.

“Agenda lainnya konfrensi songket atau seminar songket yang membahas songket sebagai warisan budaya nusantara pada 29 Agustus, dimana rangkaian kegiatan tersebut akan dihadiri oleh profesional dibidang busana dan juga sejumlah menteri,” terang Kabag yang biasa disapa pak Ujang ini.

Untuk peserta karnaval tambahnya, panitia menyediakan sejumlah uang dengan total Rp75,5 juta bagi pemenang dari kriteria perorangan maupun beregu yang berhasil menampilkan kreasi unik yang berbahan Songket Silungkang. Selain itu juga digelar lomba fotografi seputar kegiatan karnaval Songket berhadiah puluhan juta bagi karya fotrogafi terbaik.

“Melalui karnaval ini Pemko Sawahlunto ingin lebih mempromosikan dan me­lestarikan Songket Silungkang, yang juga akan diajukan sebagai warisan dunia tak benda, yang nantinya seluruh masyarakat dunia tahu Songket Silungkang merupakan salah satu bagian sejarah penting dalam perkembangan negara ini yang telah di­wariskan secara turun temurun,” pungkas Zainul.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign