Bahasa Indonesia Ditargetkan Jadi Perajut Kebhinekaan di ASEAN

Jakarta - Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menargetkan bahasa Indonesia bisa menjadi bahasa perajut kebhinekaan bangsa di tingkat ASEAN. Hal tersebut lantaran bahasa Indonesia terbukti mampu menjadi pemersatu perbedaan adat bahkan budaya yang sangat kompleks di Indonesia.

"Untuk merealisasikan target bahasa Indonesia sebagai bahasa MEA (masyarakat ekonomi ASEAN). Badan bahasa melakukan berbagai upaya di antaranya memperkuat bahasa Indonesia Indonesia melalui kegiatan literasi, standarisasi uji kemahiran berbahasa Indonesia, kajian kebahasaan dan beberapa upaya lainnya," kata Kepala Badan Bahasa Kemendikbud, Prof Mahsun, melalui rilis kepada wartawan, Selasa (18/8/2015).

Dia menjelaskan, pada 2015 bangsa Indonesia mulai diintegrasikan dengan bangsa-bangsa lain melalui MEA. Pada era integrasi ASEAN ini, Indonesia memerlukan kebijakan strategi dan diplomasi kebahasaan untuk memajukan bahasa Indonesia agar menjadi bahasa sesama warga MEA.

"Diplomasi ini perlu dijalankan oleh warga Indonesia yang telah tersebar di luar negeri. Penyebaran bahasa negara ini merupakan pemanfaatan potensi bahasa sebagai wujud keikutsertaan Indonesia memajukan dunia, khususnya kawasan ASEAN seperti cita-cita proklamasi," tukasnya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign