Besok, ICA DIY Selenggarakan Festival Kreasi Tumpeng Nusantara

Yogyakarta - Asosiasi Ahli Kuliner Indonesia (ICA) DIY akan mengadakan gelaran Festival Kreasi Tumpeng Nusantara, Minggu (16/8/2015) besok di utara Resto Merapi. Festival ini akan menampilkan berbagai acara seperti lomba kreasi tumpeng, arak-arakan dan demo memasak.

Ketua Panitia Festival Kreasi Tumpeng Nusantara 2015, Yugi Sudiro, mengatakan, latar belakang diadakannya acara ini adalah untuk melestarikan masakan-masakan Indonesia yang mulai terlupakan, dan kembali memperkenalkan Yogya sebagai salah satu kota Kuliner.

"Acara ini untuk mengingatkan masyarakat kembali akan kuliner-kuliner nusantara yang mulai terlupakan, seperti Tumpeng, yang mulai jarang terlihat," ujar Yugi, pada acara Jumpa Pers Festival Kreasi Tumpeng Nusantara 2015 di Merapi Resto, Jumat (14/8/2015).

Dalam festival juga terdapat lomba kreasi Tumpeng yang akan diikuti oleh sekitar 70 chef, maupun masyarakat luas pecinta kuliner. Tema yang diangkat adalah tema perjuangan bertepatan dengan bulan kemerdekaan.

Lomba akan dilaksanakan di sebelah utara Resto Merapi atau depan SMA 3 Yogyakarta, dimulai pukul 08.00 WIB, memperebutkan hadiah-hadiah piala, sertifikat, uang pembinaan sebesar Rp 5 juta dan banyak hadiah menarik.

Kriteria penilaian tumpeng meliputi bentuk, penampilan, rasa dan kesesuaian dengan tema. Bentuk akan sepenuhnya dibebaskan kepada chef yang membuat.

Selain lomba, juga akan dilaksanakan Arak-arak tumpeng yang telah dibuat sepanjang jalan, dan pelepasan balon udara. Acara dilanjutkan dengan demo measak oleh chef kenamaan tanah air, Sisca Suwitomo.

Demo memasak seperti kue mekar, puding merdeka, dan makanan olahan ayam langsung oleh Sisca Suwitomo. Kue mekar akan dimasak sebanyak kurang lebih 1.000 buah yang kemudian akan dibagikan kepada masyarakat sekitar. Tumpeng yang telah dimasak juga akan dibagikan.

Acara Festival Kreasi Tumpeng Nusantara ini baru pertama kali dilaksanakan di Yogya, dan akan terus diselenggarakan setiap tahun dengan berbagai lokasi berbeda di Yogya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign