Festival dan Lomba Seni Siswa Tingkat Nasional Digelar

Palembang, Sumsel - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyelenggarakan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) mulai dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) di Palembang, Sumatera Selatan, mulai 24 Agustus hingga 29 Agustus 2015.

Festival bertema "Mewujudkan Revolusi Mental Melalui Seni" ini dihadiri oleh siswa dari berbagai daerah di Tanah Air.

Acara FLS2N ini akan dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan.

Menurut Direktur Pembinaan SMA Kabsudit Kelembagaan dan Peserta Didik Suharlan, kegiatan FLS2N diadakan untuk meningkatkan kualitas siswa sehingga mampu mengembangkan potensi dan karakter melalui penghayatan dan penguasaan seni budaya.

Selain itu, untuk memberikan kesempatan yang sama bagi siswa guna meningkatkan pemahaman dan keahlian pada berkesenian yang berakar kearifan lokal untuk meningkatkan eksistensi di dunia global.

"Tujuannya memberikan pengalaman kompetisi dengan menjunjung tinggi nilai kejujuran untuk mencapai prestasi tertinggi di bidangnya," kata Harlan, di acara Pembukaan FLS2N di Palembang, Sumatera Selatan, Senin (24/8).

Acara ini juga untuk mempererat tali persahabatan, kesatuan bangsa sesama siswa yang berasal dari berbagai karakter dengan tingkat keterampilan berbudaya yang berbeda.

Harlan menyebutkan, cabang seni yang diperlombakan dibagi menjadi dua yaitu, cabang pertunjukan dan cabang penciptaan.

Adapun seni pertunjukan seperti, baca puisi, tari berpasangan, dan solo vokal. Sementara untuk cabang seni penciptaan, yaitu cipta puisi, pembuatan film pendek, desain poster, dan kriya.

Harlan menjelaskan, setiap provinsi diwajibkan mengikuti tujuh jenis lomba seni dan siswa yang berhak mengikuti lomba adalah siswa kelas X dan XI pada tahun pelajaran 2014/2015.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign