Gawai Dayak Sanggau Dimeriahkan 13 Lomba

Sanggau, Kalbar - Hari ini Pekan Gawai Dayak (PGD) Sanggau XI dimulai, berlangsung di rumah betang Dori Mpulor Sanggau. PGD yang dibuka asisten II Setda Provinsi Kalbar Lensus Kandri itu berlangsung Selasa (7/7/2015) hingga 9 Juli 2015.

Ketua Panitia Pelaksana Pekan Gawai Dayak (PGD) Sanggau, Markus mengatakan, PGD kali ini mengangkat tema, “Melalui gawai dayak nosu mino podi Kabupaten Sanggau kita dukung seven brand image Sanggau”.

Tujuan dilaksanakannya PGD yang digelar setiap tahun ini adalah untuk melestarikan adat istiadat dan seni budaya masyarakat adat dayak yang merupakan identitas dan jati diri masyarakat dayak.

“Sebagai wahana untuk saling intropeksi diri bagi masyarakat adat dayak terhadap seluruh aktivitas masyarakat adat dayak yang telah dilaksanakan satu tahun sebelumnya, ” kata Kepala BLHKPK Sanggau ini dalam sambutannya pada saat pembukaan PGD Sanggau.

Lanjut Markus, untuk acara yang ada di dalam PGD ini akan dilaksanakan 13 perlombaan, di antaranya, tarian kreasi, lomba mendongeng, membuat kue tradisional, pantun, menyumpit, domamang domia, lagu daerah, busana daerah, dan gasing, suovenir motif dayak, pencak silat, dan menumbuk padi. Selain itu, akan ada pameran, ada tersedia warung-warung.

Sementara itu, Gubernur Kalbar yang diwakilkan Asisten II Setda Provnsi Kalbar Lensus Kandri mengatakan, pelaksanaan gawai dayak merupakan ucapan rasa syukur bahwa kita sudah menyelesaikan panen.

“Yang merupakan nilai-nilai yang tertuang dalam masyarakat adat dayak yang harus dikembangkan, ” katanya.

Selain itu, nilai yang harus selalu dikembangkan adalah gotong royong, cara cocok tanam, seni tari dan kearifan lokal lainnya yang mengatur jalinan interaksi antara manusia dan alam.

“Masyarakat adat dayak diharapkan dapat meningkatan sikap kita, baik itu masalah pendidikan, kesehatan dan masalah sosial lainya, ” katanya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign