Gelar Budaya Siap Dihelat di Parangtritis dan Pundong

Bantul, DIY - Beberapa daerah di Bantul mengadakan gelar budaya. Dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Bantul mencatat ada dua agenda budaya yakni Merti Dusun Gunung Puyuh yang dilakukan oleh warga desa Panjangrejo Pundong dan Bersih Desa kawasan Parangtritis Kretek.

Kepala Disbudpar Bantul, Drs Bambang Legowo MSi, Senin (17/08/2015) menuturkan, acara Merti Dusun dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas nikmat dan karunia yang telah dilimpahkan. Dijelaskan warga Dusun Gunung Puyuh, Panjangrejo, Pundong mengadakan Kenduri Merti Dusun yang akan berlangsung Sabtu (22/08/2015) pukul 16.00 WIB.

Adapun rangkaian acara diantaranya Pentas Seni Gejog Lesung serta Pagelaran Wayang Kulit pada malam harinya pukul 19.00 WIB. "Tujuan lain kegiatan juga untuk menumbuhkan semangat kebersamaan dan nilai kegotongroyongan serta untuk nguri-nguri kebudayaan peninggalan nenek moyang dalam acara Merti Dusun," tegasnya.

Sementara di tempat lain yakni Parangtritis Kretek dilaksanakan bersih dusun. Acara ini juga sebagai ungkapan syukur yang diwujudkan dalam kegiatan bersih-bersih desa. Kegiatan penyerta dalam bersih dusun di antaranya selamatan dengan kenduri bersama, dan pagelaran wayang kulit.

Agenda Bersih Dusun Grogol IX - X akan berpuncak dengan pagelaran wayang kulit yang akan diadakan pada Selasa (18/08/2015) di Balai Dusun Grogol IX pukul 20.00 WIB dengan Dalang Ki Suwondo yang mengambil lakon ‘Seto Jaring’.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign