Jabar akan Bangun Rumah Budaya di Australia Selatan

Bandung, Jabar - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat akan membangun sebuah Rumah Budaya di Adelaide, Australia Selatan. Bangunan ini dibuat, sebagai salah satu bentuk kerja sama memperkenakan kebudayaan Indonesia, khususnya Jawa Barat.

"Itu bentuknya seperti satu anjungan di Taman Mini, dan itu akan mulai dibangun setelah kita melakukan MoU dengan Australia Selatan pada September 2015 mendatang," ujar Plt Sekda Jawa Barat, Iwa Karniwa usai menerima kunjungan delegasi Universitas Flinders, di Gedung Sate Bandung, Senin (24/8).

Menurut Iwa, Ia telah menugaskan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Nunung Sobari untuk mengisi materi di Rumah Budaya di Adelaide, Australia Selatan. Selain angklung, kata dia, di Rumah Budaya tersebut nantinya bakal ada gamelan dan leaflet budaya seniman. Ia berharap, nantinya masyarakat Australia Selatan mengenal dan memahami budaya Jawa Barat pada khususnya, Indonesia umumnya.

Selain itu, kata dia, dengan adanya kerja sama tersebut maka Australia Selatan juga akan diberikan kesempatan untuk memperkenalkan budaya kepada masyarakat Jawa Barat. Nantinya, pemprov akan mengusulkan lokasi. Pemprov Jawa Barat, kata Iwa, rencananya akan memberdayakan pelajar Indonesia yang berada di Australia Selatan untuk menjadi petugas piket di Rumah Budaya Jawa Barat.

"Daripada mengirim PNS ke sana itu kan ribet dan memerlukan anggaran lain," katanya.

Makanya, kata dia, Ia akan memberdayakan pelajar atau mahasiswa di sana untuk magang menjadi petugas piket di Rumah Budaya ini. Pertemuan tersebut, merupakan tindak lanjut pertemuan dari rencana sister city antara Australia Selatan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

-

Arsip Blog

Recent Posts