Meriah. Pawai Budaya Jelang Pembukaan Pacu Jalur

Talukkuantan, Riau - Pawai budaya sempena pembukaan pacu jalur tahun 2015 berlangsung semarak dan meriah, Kamis ( 20/8/2015) dari pagi hingga sore. Peserta dari 15 kecamatan menampilkan potensi budaya, istiadat termasuk keragaman etnis yang ada di Kuansing. Peserta pawai budaya yang bertempat di lapangan Limuno tempat berlangsungnya acara terlihat padat oleh peserta pawai maupun para penonton yang menyaksikan pawai.

Pawai budaya yang dihadiri Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi, Bupati Kuansing Sukarmis, Kapolda Riau, Danrem 031/WB Wirabima, Ketua KPU Riau, Ketua DPRD Riau, Wali Kota Bukittinggi, Kepala Dinas Pariwisata Riau, Kementrian Pariwisata, Pejabat Walikota Bukit Tianggi, Kajati Riau dan unsur perguruan tinggi, muspida dan juga dihadiri pimpinan perusahaan, kalangan pemuka masyakat Kuansing di Pekanbaru dan daerah lain yang hadir dan ribuan masyarakat.

Hadirin terfokus saat masing-masing kecamatan menampilkan pawai potensi budaya yang ada, mulai dari tradisi mengantar jambar atau sasampek, mengantar anak tamat kaji dengan minitatur pesawat buraq, kayak, randai, mendulang ome, parahu baganduang, dan lain-lain diatraksikan oleh peserta pawai secara langsung dihadapan tamu kehormatan.

Selain itu juga menampilkan pawai kegiatan sehari-hari warga Kuansing seperti mamikek buruang, manjalo ikan juga tidak luput dari tampilan. Tidak hanya itu potensi warga tempatan, potensi masing-masing etnis yang ada di Kuansing mulai dari suku Jawa, Minang, Batak bahkan etnis Tionghoa juga ditampilkan.

Para tamu bertepuk tangan, tertawa dan tersenyum saat peserta pawai beraksi berjalan di lapangan limuno. Festival pacu jalur ini juga sebagai momen percepatan pembangunan, pariwisata dan lain-lain dalam mewujudkan visi riau 2020 dalam mewujudkan Riau yang agamis.

Bupati Kuansing H Sukarmis mengatakan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuansing mengharapkan bantuan dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam mengembangkan potensi wisata di Kuansing. Dan juga kepada masyarakat agar meningkatkan pariwisata agar meningkatkan perekonomian masyarakat dan pemerintah kabupaten.

"Saya berharap kepada siapapun yang menjadi Bupati Kuansing nantinya agar bisa melanjutkan program-program yang telah dilaksanakan. Dan kepada masyarakat agar ikut menyukseskan pelaksanaan Pilkada," ujar Sukarmis.

Sementara itu, dalam sambutannya Plt Gubernur Riau mengucapkan terimaksih atas kehadirin pemerintah pusat dari Kementerian Pariwisata dan tamu undangan lainnya. "Saya memberikan apresiaisi dengan kegiatan ini dapat memajukan Provinsi Riau dalam memajukan pariwisata di Provinsi Riau. Saya betul-betul terharu dan ini mencerminkan karena sesuai dengan tema Riau membangun pusat pariwisata ’the Homeland of Melayu’," sebutnya.

Kata Plt Gubri, Riau sudah melaksanakan komitmen dalam membangun kepariwisataan yang berbasis kebudayaan. Pacu jalur adalah iven nasional dan masih ada iven-iven lainnya dan tahun depan akan lebih semarak lagi. "Pariwisata adalah salah satu potensi Riau, yang akan ditampilkan terus dalam memberikan kontribusi kepada pemerintah pusat. Pemerintah daerah telah bekerja sama dengan pemerintah pusat dalam mempromosikan pariwisata Riau," ujar Plt Gubri.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign