Perwakilan Empat Negara Siap Hadiri ’Festival Mataram’

Mataram, NTB - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram H Abdul Latif Nadjib menyebutkan, perwakilan empat negara telah menyatakan siap menghadiri "Festival Mentaram" yang berlangsung 8-10 Agustus 2015.

"Empat negara itu adalah, Tiongkok, Pakistan, Thailand dan Malaysia. Sementara kesiapan negara lainnya kita masih menunggu kepastian namun komunikasi dengan Kementerian Luar Negeri tetap kami lakukan," kata Abdul Latif Nadjib kepada wartawan di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Rabu.

Festival Mentaram yang dulunya pesertanya hanya dari Asia Tenggara kini diperluas menjadi internasional. Artinya, pesertanya tidak hanya negara-negara Asia Tenggara melainkan negara internasional akan dilibatkan untuk menampilkan berbagai hasil kesenian, kebudayaan, cerita rakyat, lukisan dan lainnya.

Pria yang kerap disapa Latif ini mengatakan, selain empat negara yang sudah menyatakan siap hadir dalam kegiatan tersebut beberapa keraton di Indonesia yang sudah mengkonfirmasi kepastiannya untuk hadir antara lain, Yogyakarta, Madura, Solo dan Bangka Belitung.

"Kami bahkan mendapat informasi sejumlah anggota DPRD dari Bangka Belitung akan ikut hadir menyaksikan Festival Mentaram," katanya.

Selain itu, peserta dari Yogyakarta dan Solo direncanakan akan membawa tim ritual bumi yang akan dipertunjukkan dalam kegiatan pagelaran seni dan budaya tersebut.

Ia mengatakan, untuk mendukung menyukseskan kegiatan Festival Mentaram yang dirangkum dalam "International Folklore Festival", pemerintah kota telah menyiapkan anggaran sebesar Rp1,2 miliar.

Menurut dia, ada tiga agenda utama yang akan dilaksanakan selama tiga hari itu, yakni agenda utama parade budaya lokal, nasional dan internasional.

Kemudian, pagelaran seni dan budaya yang akan diikuti oleh daerah dan negara yang hadir, terakhir seminar tentang "folklore" atau cerita rakyat dari berbagai daerah dan negara termasuk cerita seni dan budaya.

"Seluruh rangkaian kegiatan dalam Festival Mentaram tersebut bersifat promosi pariwisata dan potensi daerah," ujarnya.

Pasalnya, kegiatan Festival Mentaram itu akan menghadirkan sekitar 1.500 peserta terdiri atas 500 orang peserta dari perwakilan provinsi se-Indonesia dan peserta luar negeri, serta 1.000 orang merupakan peserta dari NTB.

"Ini merupakan tahun pertama kita menggelar Festival Mentaram, dan ke depan Festival Mentaram akan menjadi agenda tetap yang digelar setiap bulan Agustus menyambut HUT Kota Mataram pada setiap tanggal 31 Agustus," katanya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign