Rupat Beach Festival, Ajang Promosi Wisata Bahari Pekanbaru

Pekanbaru, Riau - Pemerintah Provinsi Riau melakukan promosi wisata bahari daerahnya dengan menggelar Festival Pantai Rupat (Rupat Beach Festival) di Kabupaten Bengkalis.

Pelaksana Tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman direncanakan menghadiri langsung pembukaan festival yang digelar di Desa Teluk Rhu, Rupat Utara itu pada Sabtu (25/7).

"Kegiatan ini dalam rangka promosi destinasi wisata bahari di Rupat, Bengkalis sekaligus promosi wisata daerah di Riau," kata Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Bengkalis Eduar, Jumat (24/7).

Eduar mengatakan saat ini fasilitas pendukung jalannya kegiatan ini sudah dibangun oleh Pemkab Bengkalis, yaitu dengan adanya jalan poros dari kawasan Batu Panjang, Rupat hingga ke Tanjung Medang di Rupat Utara.

Dengan adanya jalan poros itu, jarak tempuh yang diperlukan untuk sampai di lokasi wisata bisa lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Pihaknya mengharapkan pengunjung kegiatan wisata Festival Pantai Rupat pada tahun ini dapat lebih ramai.

"Sebelum ada jalan poros di Rupat ini jarak tempuh dari Batu Panjang Rupat ke bagian utara bisa sampai 12 jam, tapi sekarang sudah lebih cepat hanya sekitar 1,5 jam saja," katanya.

Eduar mengatakan pada kegiatan ini akan digelar beragam kegiatan kebudayaan dan menampilkan keterampilan seni masyarakat setempat.

Sebelumnya Pelaksana Tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan pihaknya memang mendorong beragam festival dan kegiatan budaya daerah untuk memicu peningkatan kunjungan wisatawan.

"Memang salah satu upaya yang bisa dilakukan daerah yaitu dengan membuat beragam kegiatan kebudayaan, dan festival kesenian," katanya.

Sampai saat ini di Riau ada beberapa agenda pariwisata yang sudah masuk pada kalender pariwisata nasional dan didatangi puluhan ribu pengunjung dari dalam dan luar negeri.

Bidang kegiatan yang sudah menjadi andalan Riau tersebut di antaranya kegiatan budaya, kegiatan olahraga, dan keindahan alam.

"Seperti Ritual Bakar Tongkang di Rokan Hilir, pacu jalur di Kuantan Singingi, Tour de Siak, dan selancar Bono di Pelalawan, kegiatan ini sudah jadi agenda rutin yang dinanti para wisatawan lokal maupun asing," katanya.

Adapun menurut data Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Riau, kunjungan wisatawan mancanegara ke provinsi itu pada 2014 lalu mencapai 55.000 kunjungan. Di 2015 pemprov menargetkan kunjungan wisman dapat tumbuh hingga 60.000 kunjungan.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign