Suku Dayak Meriahkan Festival Kesenian Yogyakarta

Yogyakarta - Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) kembali diselenggarakan di Taman Kuliner Condong Catur, Yogyakarta. Menariknya Suku Dayak dari Kalimantan Tengah turut berpartisipasi dalam pembukaan FKY ke-27 ini. Mereka turut menampilkan tarian tradisional dalam pawai kebudayaan "Edan-edanan" yang berlangsung di ruas Jalan Kaliurang.

Dengan menggenakan pakaian khas yang menyerupai burung, sekitar 50 suku dayak menari dengan lincah dan bersemangat. Mereka menarikan ritual bebersih desa yang merupakan ritual tradisional suku Dayak. Seluruh penari masih berusia sekitar 15- 18 tahun.

"Ritual ini biasa kami tarikan saat musim paceklik atau mendapat musibah seperti bencana alam. Tujuannya untuk tolak bala agar terhindar dari gangguan hal jahat," ujar koordinator kelompok Suku Dayak, Idontori, kepada Metrotvnews.com, di Yogyakarta, Rabu (19/8/2015).

Mereka tertarik berpartisipasi dalam FKY untuk memperkenalkan kebudayaan Dayak kepada masyarakat Indonesia. "Kami rajin ikut festival kebudayaan. Kemarin baru ikut festival kebudayaan di Jakarta. Latihannya tidak lama karena hampir seluruh penari sudah berlatih sedari kecil," jelasnya.

Aksi mereka memukau ribuan warga Yogyakarta yang memadati sepanjang jalan Kaliurang. Selesai menari, kelompok ini mendapat sambutan dan tepuk tangan meriah dari penonton.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign