Wali Kota Dukung Karo Festival 2015

Medan, Sumut - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mendukung penuh digelarnya Karo Festival 2015 gawean Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Masyarakat Karo Indonesia DPD HMKI) Sumut. Festival terbesar masyarakat Karo yang diselenggarakan bersamaan dengan pelantikan pengurus DPD HMKI Sumut. Acara ini direncanakan berlangsung selama 3 hari yakni 27-29 Agustus mendatang di Lapangan Merdeka Medan.

Demikian terungkap ketika Wali Kota menerima kunjungan Panitia Pelaksana Karo Festival dan Pelantikan DPD HMKI Sumut di rumah dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Jumat (24/7/2015).

Menurut Setia Pandia selaku Ketua Panitia Pelaksana, pagelaran budaya Karo ini nantinya diharapkan bisa menjadi event yang mampu membangkitkan kembali semangat warga Karo di tanah air, khususnya Sumatera Utara dan Kota Medan. Itu sebabnya pagelaran budaya Karo ini akan digelar selama tiga hari.

“Tujuan acara ini digelar untuk mempererat persatuan dan kesatuan masyarakat Karo, sekaligus memberikan kontribusi guna mendukung pembangunan di Sumut maupun Kota Medan. Di samping itu memperkenalkan kembali seni budaya dan kerajinan tangan masyarakata Karo. Yang lebih penting lagi, event ini digelar guna membangkitkan kembali semangat warga korban erupsi Gunung Sinabung,” kata Setia.

Dipaparkan Setia lagi, rundown acara selaian seremonial pelantikan pengurus DPD HMKI Sumut dan Refleksi 5 Tahun Erupsi Gunung Sinabung, juga ditampilkan demo gendang Karo dan tari serta koloborasi musik tradisional maupun modern Karo. Di samping itu acara juga dirangkaikan dengan perlombaan busana Karo, festival lagu Karo, lomba landek (menari Karo), lomba catur Karo serta mewarnai.

“Untuk memeriahkan acara, kita akan menampilkan stand yang akan menawarkan berbagai hasil kerajinan maupun kuliner Karo. Dengan demikian para pengunjung yang datang bisa melihat dan membeli hasil keranjinan masyarakat Karo sebagai cindera mata, termasuk menikmati kuliner Karo,” ungkap Setia didampingi Wakil Ketua I DPD HMKI Sumut Gelora Pandia, Wakii Sekretaris Hendra Gunawan Tarigan, Sekretaris Panitia Stivent Amor Tarigan dan Jopie Sinulingga.

Sedangkan Tania Depari selaku Bendahara menambahkan, Karo Festival 2015 yang diselenggarakan DPD HMKI Sumut akan dihadiri lebih kurang 10 ribu massa warga Karo di Sumut. Untuk itu dia berharap agar even ini nantinya bisa menjadi salah satu kalender wisata Kota Medan. Apalagi tujuan event ini digelar untuk melestarikan budaya Karo.

“Event ini juga dirangkaikan dengan peringatan HUT Kemerdekan Ke-70 Republik Indonesia. Karenanya, event ini akan ‘diwarnai’ dengan 70 jam pertunjukan seni non stop, 70 stand kuliner dan 70 stand kerajinan. Selain itu juga acara akan diisi dengan penampilan 70 penari kontemporer Karo dan 70 artis karo,” jelas Tania.

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengatakan siap mendukung dan mengapresiasi penuh digelarnya Karo Festival 2015. Sebab, tujuan event ini untuk melestarikan budaya Karo, sehingga generasi muda termotivasi dan mencintai kebudayaan yang telah diwariskan para leluhurnya tersebut. Dengan demikian kebudayaan Karo terus maju dan berkembang sepanjang masa.

Selain itu tambah Wali Kota lagi, perhelatan ini tentunya sangat mendukung pariwisata di Kota Medan. Selain menampilkan pertunjukan musik dan tari Karo, even ini juga menampilkan berbagai hasil kerajinan tangan masyarakat Karo. “Insya Allah sajian ini mampu menarik perhatian para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi Kota Medan,” kata Eldin.

Mantan sekda Kota Medan ini selanjutnya mengajak seluruh masyarakat Karo untuk bersatu dan tidak terpecah-pecah. Dengan persastuasn dan kebersamaan, Eldin yakin banyak yang bisa dilakukan untuk memasukan masyarakat Karo, termasuk mendukung pembangunan di Sumut maupun Kota Medan.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign