Budaya Lestari, Festival Seni Daerah Bangka Barat

Muntok, Babel - Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung menggelar festival tahunan seni daerah. Itu upaya pelestarian budaya lokal agar tidak tergerus arus modernisasi.

"Pada pelaksanaan kegiatan tahun lalu peserta sudah banyak dari kalangan usia muda bahkan ada yang masih remaja. Kami berharap seni budaya lokal terus berkembang di kalangan generasi muda," ujar Panitia Festival Campak, Dambus, Rudat dan Rebana Kabupaten Bangka Barat Nopi Suryadi di Muntok, Kamis (03/09/2015).

Ia mengatakan, festival seni daerah tahunan tingkat kabupaten tahun 2015 akan berlangsung di Lapangan Gelora Muntok, Sabtu (05/09/2015) mulai pagi hingga malam hari. "Kami perkirakan pada tahun ini jumlah peserta lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya seiring meningkatnya animo masyarakat ikut berpartisipasi dalam pelestarian seni dan budaya lokal," jelas dia.

Menurut dia, pelaksanaan festival tahun ini sengaja di Lapangan Gelora Muntok karena bertepatan perayaan hari ulang tahun Kota Muntok ke 281 dan kegiatan pariwisata tingkat internasional bertajuk Home Stay Fair 2015 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata di Muntok.

"Kami berharap festival seni lokal ini bisa menjadi ajang promosi budaya daerah sekaligus alternatif hiburan bagi para pengunjung dan tamu kegiatan tersebut," kata dia.

Ia mengatakan, pemenang festival akan dibina lebih lanjut dan berhak ikut dalam lomba sejenis di tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ia menyatakan seni budaya rudat, dambus, rebana dan tari campak perlu terus dilestarikan untuk menambah khasanah budaya nasional dan diharapkan ke depan bisa meningkatkan ekonomi pelaku seni dan masyarakat di daerah itu.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign